Gambaran Pers Sejak Era Revolusi hingga Kini dalam Pameran Foto "Pers, Demokrasi dan Pembangunan"
Entertainment

Gambaran Pers Sejak Era Revolusi hingga Kini dalam Pameran "Pers, Demokrasi dan Pembangunan"

Mutiara Nabila
Minggu, 18 Februari 2024 - 09:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Merayakan Hari Pers Nasional (HPN) 2024, Perum LKBN Antara menyelenggarakan Pameran Foto berjudul "PERS, DEMOKRASI, & PEMBANGUNAN". 

Sesuai dengan temanya, foto yang dipamerkan menggambarkan dunia pers di Indonesia, mulai zaman revolusi hingga saat ini.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Henry CH Bangun secara resmi membuka Pameran Foto yang berlangsung di ruang Galeri, Kompleks Antara Heritage Center atau yang dulu dikenal dengan Gedung Antara Pasar Baru, pada Jumat, 16 Februari 2024.

Beberapa foto yang ditampilkan juga memperlihatkan perjalanan Pemilu di Indonesia, mulai dari pemilu pertama pada 1955 hingga kampanye Capres-Cawapres 2024. 

Termasuk pula foto dari beberapa hasil pembangunan baik infrastruktur, sarana-prasarana umum sepanjang sepuluh tahun terakhir pada era kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

Direktur Utama Perum LKBN Antara Akhmad Munir mengatakan, pameran foto kali ini dirancang untuk dibuka di Gedung Pasar Baru, lantara bangunan tersebut penuh sejarah yang telah berdiri sejak 1925.

"Antara mendapat kesempatan untuk merenovasi dan revitalisasi gedung ini untuk menjadi kantor pusat Antara. Kami berharap akan jadi sebuah revitalisasi semangat perjuangan Antara sebagai media milik negara yang dapat memenuhi kepentingan bangsa dan negara," kata Munir dalam sambutannya di Jakarta, Jumat (16/2/2024).

Pada kesempatan yang sama, Ketua PWI Henry CH Bangun memberikan apresiasinya kepada Antara telah menggelar pameran foto tersebut. Menurutnya, dengan pameran ini bisa menjadi bukti begitu besarnya peran Pers bagi perjuangan Indonesia.

"Momen-momen Pemilu yang diabadikan dalam foto-foto di pameran ini semakin meyakinkan bahwa Indonesia layak menjadi negara demokrasi terbesar keempat di dunia," ujar Henry.

Lebih lanjut, Kurator Seni Perum LKBN Antara Ismar Patrizki mengatakan, pameran ini menampilkan tiga aspek, yaitu Pers, demokrasi dan pembangunan. Artinya, Pers berperan besar dalam mengawal demokrasi dan pembangunan di negeri ini, dengan segala dinamikanya.

"Paling tidak [pameran ini] bisa memberi sudut pandang yang lebih luas tentang peran Pers di Indonesia," ujar Ismar.

Acara pembukaan pameran juga dimeriahkan oleh sajian seni tari dari maestro tari Indonesia Didik Nini Thowok yang mempersembahkan tarian berjudul "Dwimuka Jawa-Bali Dance", sebuah tarian kolaborasi Jawa-Bali yang menggambarkan dua karakter yang berbeda. 

Selain itu ada pula tari anak-anak berjudul "Tari Jaimasan" yang juga merupakan karya maestro tari yang akrab disapa dengan eyang Didik itu.

Pameran foto "PERS, DEMOKRASI, & PEMBANGUNAN" menjadi Pameran Foto perdana setelah Gedung Graha Bhakti Antara yang digelar selama sebulan penuh, mulai dari 16 Februari - 16 Maret 2024. 

Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono yang turut hadir dalam pembukaan pameran ini juga berharap bisa menarik pengunjung, terutama dari pelajar-pelajar SD, SMP, dan SMA serta para peminat sejarah. 

"Foto-fotonya bernilai sejarah tinggi, dan Antara turut serta merevitalisasi atau menjaga gedung-gedung bersejarah, salah satunya di gedung ini, dan ini harapannya bisa menjadi destinasi pelajar SD, SMP, SMA selain untuk melihat gedung ini, juga belajar sejarah yang dihimpun oleh Antara," imbuhnya. 

Pameran tersebut menampilkan 56 foto karya pewarta foto Antara, serta arsip foto IPPHOS, ANRI, Perpusnas, dan KITLV Leiden Belanda. 

Foto-foto yang dipamerkan di LKBN Antara itu juga dapat dinikmati di Candi Bentar Hall, Putri Duyung Ancol, Jakarta sampai dengan 16 Maret 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro