Multivitamin. /Bloomberg
Health

Perempuan Wajib Tahu! Ini Tips Memilih Multivitamin Sesuai Kebutuhan Tubuh

Redaksi
Rabu, 21 Februari 2024 - 19:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mengonsumsi produk multivitamin sudah menjadi kebutuhan pokok bagi wanita untuk menjaga kesehatan dan kestabilan hormon.

Apalagi wanita memiliki periode menstruasi dan kehamilan yang dapat mengganggu berbagai aspek kesehatan.

Tak jarang wanita merasa pusing, mual, dan tidak nafsu makan saat memasuki periode tersebut.

Oleh karena itu, mengonsumsi produk multivitamin menjadi salah satu cara untuk membantu mengontrol hormon. Multivitamin juga dapat membantu kebugaran wanita untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Akan tetapi, kaum hawa juga harus memperhatikan beberapa hal ketika ingin membeli produk multivitamin agar sesuai dengan kondisi tubuh dan terhindar dari dampak negatif.

Seperti yang dilansir dari Timesofindia, ada beberapa tips untuk memilih produk multivitamin, yaitu:

1. Periksa Komposisi Bahan

Memberikan komposisi bahan merupakan langkah awal saat ingin membeli produk multivitamin.

Para kaum hawa harus mengutamakan nutrisi vitamin A, C, D, E, K, vitamin B6, 12. Selain itu, kandungan kalsium, magnesium, zinc, dan zat besi menjadi komponen penting untuk dikonsumsi wanita, terutama yang mempunyai riwayat darah rendah.

2. Pertimbangkan Formulasi Multivitamin

Beragamnya produk multivitamin dirancang untuk memenuhi berbagai kebutuhan wanita itu sendiri. Bagi yang sedang menstruasi, kalian perlu memprioritaskan kandungan zat besi, sedangkan bagi yang sedang program kehamilan bisa vitamin prenatal.

3. Periksa Keaslian Produk

Keaslian produk turut menjadi bahan pertimbangan untuk menentukan kualitas dari produk multivitamin. Pastikan produk terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dengan mengecek nya melalui https://cekbpom.pom.go.id/

4. Pilih Multivitamin dengan Kandungan Bioavailabilitas Tinggi

Kandungan Bioavailabilitas yang tinggi menandakan bahwa produk mempunyai nutrisi yang mudah diserap oleh tubuh. Kalian bisa membeli metilkobalamin (vitamin B12), metilfolat (folat), dan chelated ( kalsium sitrat dan magnesium glisinat).

5. Sesuaikan dengan Kondisi Tubuh

Kalian harus memperhatikan kandungan multivitamin dengan kondisi tubuh, seperti melihat batas usia penggunaan, jenis kelamin, dan kebiutuhan spesifik lainnya. Kalian juga harus menghindari produk yang memiliki jumlah nutrisi yang tidak seimbang.

6. Periksa Nutrisi Tambahan

Selain kandungan nutrisi di atas, kalian harus memberikan nutrisi tambahan yang bisa didapatkan dari asam lemak omega 3 dan probiotik. Tak hanya itu, mengkonsumsi ekstrak teh hijau dan ekstrak cranberry dapat menjadi alternatif tambahan nutrisi.

7. Produk Bebas Dari Alergen dan Aditif

Ketika membaca tabel komposisi bahan, kalian harus memastikan produk tersebut bebas dari alergen seperti gluten, pengawet buatan, hingga pewarna. Bahan-bahan tersebut dapat menyebabkan gangguan bagi tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan.

8. Mudah Dikonsumsi dan Kemasan Kondisi baik

Produk harus membuat kalian mudah mengkonsumsinya. Kalian bisa memilih multivitamin dalam bentuk kapsul atau soft gel. Tak hanya itu, pastikan kondisi kemasan dalam keadaan baik, di mana segel tidak terlepas. Hindari produk dengan keadaan cacat. Perhatikan batas maksimal suhu agar ketahanan kualitas multivitamin dapat terjaga.

9. Sesuaikan dengan Kebutuhan Biaya

Kalian bisa melakukan perbandingan harga antara produk satu dengan lainnya. Namun tetap harus mempertimbangkan nutrisi yang dibutuhkan.

Akan tetapi, konsultasikan terlebih dulu kepada ahli kesehatan agar komposisi yang diberikan sesuai dengan kondisi tubuh kalian. Sehingga bisa memperoleh hasil yang maksimal. (Muhammad Sulthon Sulung Kandiyas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro