Puasa Ramadan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh/Freepik
Health

Manfaat Berpuasa, Bisa Cegah Penyakit dan Mencerahkan Kulit

Redaksi
Selasa, 27 Februari 2024 - 14:57
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Berpuasa adalah kondisi dimana seseorang harus menahan hawa nafsu, salah satunya yakni menahan rasa lapar dan haus. Bagi umat muslim, berpuasa artinya tidak makan dan minum dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

Apakah manfaat yang terjadi ketika seseorang berpuasa? 

Ternyata puasa yang dilakukan banyak memiliki manfaat, mulai dari manfaat pada kesehatan organ tubuh hingga pada kesehatan kulit wajah.

Simak manfaat berpuasa bagi kesehatan:

1. Menurunkan berat badan

Dilansir dari siloamhospitals.com dan dinkes.sumutprov.go.id, puasa Ramadan mempunyai kesamaan dengan intermittent fasting yakni menjeda waktu untuk mengkonsumsi makanan. Berpuasa sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, salah satu manfaat dari berpuasa yakni menurunkan berat badan.

Ketika, seseorang berpuasa maka metabolisme tubuh akan meningkat. Jika, metabolisme tubuh meningkat maka dapat membakar kalori dan lemak, sehingga dapat menurunkan berat badan yang berlebih.

2. Menjaga kesehatan jantung

Menjaga kesehatan jantung bisa Anda lakukan dengan cara berpuasa, ketika seseorang berpuasa maka dapat berpengaruh pada kinerja otot jantung, kinerja otot jantung akan jauh lebih meningkat ketika berpuasa.

Tidak hanya itu saja, berpuasa juga akan mempengaruhi peningkatan pertumbuhan pembuluh darah dalam jantung Anda. Ketika seseorang berpuasa maka pola makan yang dijalani juga pasti berbeda, saat berpuasa pola makan seseorang akan jauh lebih sehat dibandingkan ketika tidak berpuasa.

Oleh sebab itu, orang yang berpuasa akan memiliki resiko lebih kecil untuk terkena penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan kolesterol.   

3. Mengurangi terkena diabetes

Ketika seseorang berpuasa, kadar gula darah dalam tubuh akan mengalami penurunan, hal tersebut dapat terjadi karena ketika berpuasa tubuh akan memanfaatkan cadangan gula sebagai sumber energi. 

Bagi Anda, yang mempunyai masalah kesehatan sindrom metabolik seperti gula darah, tekanan darah, kolesterol dan obesitas maka dengan berpuasa akan meningkatkan kesehatan kardiovaskular yang dapat mengurangi resiko penyakit-penyakit tersebut.

4. Menurunkan tekanan darah

Berpuasa akan mempengaruhi asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi. Asupan garam yang dikonsumsi ketika puasa akan jauh lebih rendah dibandingkan ketika tidak dalam kondisi puasa. Asupan garam yang rendah dapat membantu Anda untuk menurunkan tekanan darah yang disebabkan karena pola makan yang tidak baik. 

5. Meningkatkan fungsi otak

Manfaat berpuasa selanjutnya yakni dapat meningkatkan fungsi otak, apabila seseorang menjalani puasa maka akan mempengaruhi produksi protein. Produksi protein ini sangat penting dalam pembentukan serta perkembangan saraf yang akan mempengaruhi kinerja sistem otak.

6. Menjaga kesehatan kulit dan mencegah jerawat

Mempunyai wajah yang sehat menjadi impian setiap orang, Anda harus tahu bahwa dengan berpuasa dapat mencegah munculnya jerawat dan membantu dalam menjaga kesehatan kulit. Ketika, Anda berpuasa maka akan mempengaruhi fungsi organ hati dan ginjal, fungsi kinerja dari dua organ tersebut akan jauh lebih baik ketika berpuasa. Hal ini, dapat mempermudah Anda mengeluarkan racun yang ada didalam tubuh, salah satunya yakni mengeluarkan racun yang dapat menimbulkan jerawat pada wajah dan mempercepat regenerasi kulit Anda. (Nur Afifah Azahra Aulia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro