Ilustrasi-nyamuk demam berdarah/Foxnews
Health

Bukan Minum Jus Jambu, DBD Bisa Sembuh dengan Minuman Isotonik

Mutiara Nabila
Selasa, 27 Februari 2024 - 18:47
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Demam Berdarah Dengue (DBD) masih menjadi salah satu penyakit penyebab kematian yang banyak terjadi di Indonesia terutama di musim hujan. 

DBD sendiri disebabkan oleh gigitan nyamuk yang membawa virus Aedes Aegypti. Nyamuk ini bisa banyak berkembang biak di musim hujan seperti sekarang ini. 

Virus ini menyerang darah putih yang berpengaruh pada penurunan sistem imun dan membuat sel darah atau trombosit mengalami penurunan tajam hingga ke bawah 100.000 per mikroliter, di mana nilai normalnya adalah antara 150.000 - 450.000 per mikroliter. 

Untuk membantu meningkatkan sel darah, banyak orang beranggapan bisa dibantu dengan minum jus jambu karena disebut berkhasiat bisa untuk meningkatkan trombosit. 

Namun, Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Brigadir Jenderal TNI (Purn.) Dr. dr. Soroy Lardo, Sp.PD., K.PTI., FINASIM menegaskan bahwa belum ada penelitian yang menegaskan bahwa jus jambu biji bisa bermanfaat untuk meningkatkan trombosit. 

Namun, jus jambu mengandung Vitamin C yang mungkin bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh. 

Alih-alih minum jus jambu, lanjut Dr. Soroy, minum banyak air putih dan isotonik lebih bermanfaat saat masa penyembuhan DBD. 

"Saya pernah mendapatkan pasien DBD yang tidak mau dirawat di rumah sakit. Maka saya sarankan, harus minum banyak, dan minum air isotonik, itu ada penelitiannya juga. Selain itu setiap hari juga harus periksa darah lengkap, kalau trombosit di bahwa 100.000 harus dirawat," ujarnya dalam Media Briefing PB IDI, Selasa (27/2/2024). 

Berdasarkan penelitian di Bangkok, Thailand, kata Dr. Soroy, minuman isotonik yang memasok ion sangat mirip dengan dekstrosa, yang bisa berguna untuk mengisi kembali mineral dan nutrisi penting yang hilang selama diare dan muntah serta keadaan darurat medis lainnya. 

Pasalnya, pada umumnya pasien DBD juga mengalami muntah-muntah dan pusing sehingga tidak bisa mendapatkan asupan gizi dari makanan dan akan kehilangan banyak cairan tubuh, terutama karena tubuh yang panas saat demam. 

Adapun, kekurangan tidak cukup diatasi dengan minum banyak air karena justru dapat menyebabkan kondisi yang disebut keracunan air dan masalah terkait akibat pengenceran natrium dalam tubuh yang disebut hiponatremia. 

Oleh karena itu, memberikan minuman elektrolit atau isotonik kepada pasien demam berdarah adalah salah satu cara yang efektif dan murah untuk terus mendapatkan nutrisi yang sangat dibutuhkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro