Tipe kepribadian
Health

Ini Tipe Kepribadian ESFJ: Si Paling Bisa Diandalkan

Redaksi
Rabu, 28 Februari 2024 - 17:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - ESFJ (Extraverted, Sensing, Feeling, Judging) merupakan salah satu dari 16 jenis MBTI yang ada. Seseorang yang mempunyai tipe kepribadian ESFJ, akan cenderung mempunyai kepribadian yang suka berinteraksi dengan orang lain.

Tipe kepribadian orang ESFJ, dikenal sebagai orang yang ramah. Dilansir dari verywellmind.com, orang dengan tipe kepribadian ini akan selalu mempunyai cara untuk menyemangati orang lain dan membuat kenyamanan untuk orang lain.

Ciri-ciri orang dengan MBTI ESFJ

1. Peka

Seseorang yang mempunyai MBTI ESFJ merupakan orang yang peka terhadap kebutuhan dan perasaan orang lain. Seorang yang mempunyai MBTI ini akan mendapatkan energi dari interaksi dengan orang lain, hal ini yang membuat orang yang mempunyai MBTI ESFJ akan mudah peka terhadap orang lain dan lingkungannya.

2. Senang membantu orang lain

Pada dasarnya orang tipe ESFJ akan senang apabila dapat membantu orang lain, karena sejatinya mereka suka hal-hal yang dapat berhubungan dengan orang lain. Oleh sebab itu, orang tipe MBTI ini senang jika bisa membantu orang lain.


3. Perhatian

Orang dengan tipe ESFJ merupakan orang yang suka memberikan perhatian kepada orang lain. Melalui perhatian yang diberikan dapat membantu tipe orang dengan jenis MBTI ESFJ ini, untuk dapat lebih dekat dengan lawan bicaranya.

4. Mengontrol lingkungan

Orang dengan MBTI ESFJ yang cenderung suka berinteraksi dengan orang lain, merasa bahwa mereka dapat mengendalikan lingkungannya melalui pengorganisasian, perencanaan, dan penjadwalan yang mereka buat sendiri.


5. Tidak pantang menyerah

Orang tipe ini, merupakan orang yang dapat menyenangkan orang lain, untuk dapat menyenangkan orang lain tipe ini tidak akan menyerah untuk membuat orang lain merasa bahagia. Tidak hanya itu saja, mereka juga tidak akan menyerah begitu saja apabila terjadi sesuatu pada hidupnya.


6. Sensitif

Orang yang selalu ingin membuat orang lain bahagia akan jauh lebih sensitif apabila diabaikan oleh orang lain. Hal tersebut juga dirasakan oleh tipe MBTI ESFJ, mereka lebih mudah merasa sakit hati apabila ada tindakan dari seseorang yang seolah mengabaikan atau tidak memperdulikan kehadiran mereka.


7. Ingin disukai orang lain

Tipe MBTI ESFJ, akan selalu memperhatikan kenyamanan dan kebutuhan orang lain. Hal tersebut dilakukan orang tipe karena ingin dirinya dapat disukai oleh orang lain. Tipe ini merupakan orang yang ekstrovert penting bagi mereka untuk disukai orang lain demi menciptakan hubungan yang baik.

8. Menilai diri melalui bantuan orang lain

Orang dengan tipe ini, akan menilai diri mereka sendiri melalui penilaian yang diberikan oleh orang lain. Mempunyai ketertarikan dalam berinteraksi dengan orang lain, menjadikan tipe ini akan menilai diri mereka sesuai pendapat orang lain.

9. Menilai dengan firasat

Tipe kepribadian ini, akan menilai sesuatu seperti orang ataupun situasi menggunakan firasat mereka sendiri. Namun, menilai dengan firasat akan menimbulkan dampak yang negatif pada tipe kepribadian ini, mereka bisa lebih cepat menilai sesuatu tanpa mengetahui terlebih dahulu yang sebenarnya terjadi.

Kelebihan orang dengan MBTI ESFJ

1. Setia
2. Terorganisir
3. Dapat diandalkan
4. Praktis
5. Teliti
6. Senang membantu orang lain

Kekurangan orang dengan MBTI ESFJ

1. Sensitif terhadap kritik
2. Intoleran
3. Mengontrol
4. Mencari persetujuan dari orang lain
5. Tidak menyukai orang lain

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro