Ilustrasi orang yang berkepribadian ISFJ memiliki sifat baik hati/Popsugar
Health

Ciri-ciri dan Kepribadian MBTI ISFJ

Redaksi
Rabu, 28 Februari 2024 - 12:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - ISFJ merupakan salah satu tipe MBTI yang mendeskripsikan kepribadian seseorang. ISFJ adalah singkatan dari Introvert, Sensing, Feeling, dan Judging.

Tipe MBTI satu ini dijuluki sebagai “The Protector” yang memiliki berbagai kelebihan di dalamnya. Orang yang memiliki kepribadian ISFJ ini memiliki hati yang hangat, bertanggung jawab, serta pendiam. Kemampuan yang dimiliki oleh ISFJ ini, mampu membawa mereka lebih berkembang terutama dalam kehidupan mandiri dan sosial.

Dilansir dari Very Well, karakter dan ciri dari ISFJ adalah:

1. Memiliki sikap peduli

2. Baik hati

3. Setia

4. Terorganisir

5. Mampu diandalkan

6. Penuh kasih sayang

7. Sensitif

7. Hangat

8. Tekun

9. Pelindung


Sifat dari orang tipe ISFJ:

1. Orang yang taat

Kemampuan yang dimiliki oleh ISFJ ini adalah, cenderung memperhatikan orang-orang secara detail dan mampu mengingat suatu hal secara cepat.

2. Lebih mudah menahan emosi

Tantangan bagi orang yang memiliki tipe ISFJ adalah mudah mengabaikan emosi diri sendiri. Hidupnya sangat selaras dengan emosi. Namun, emosinya tidak bisa disampaikan kepada banyak orang, melainkan hanya bisa mengekspresikan perasaan sendiri saja.

3. Praktis

Orang yang memiliki kepribadian ISFJ akan membatasi kemampuan untuk mempertimbangkan ide-ide baru. Sangat menghargai segala pembelajaran yang bersifat praktis. Hal ini dikarenakan ISFJ sangat tertarik dengan hal-hal yang baru. 

Segala hal tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Dilansir dari verywell, kelebihan dan kekurangan dari ISFJ adalah:

Kelebihan:

1. Dapat diandalkan

2. Praktis

3. Sensitif

4. Detail


Kekurangan:

1. Tidak suka dengan suatu hal yang bersifat abstrak

2. Tidak suka perubahan

3. Mengabaikan kebutuhan sendiri daripada kebutuhan orang lain

4. Sangat menghindari konfrontasi


Selain itu, ada 4 tipe ISFJ yang harus Anda ketahui:

1. Dominan : Fungsi penginderaan pada fakta

Tipe ini membuat introvert untuk lebih fokus dan detail pada fakta yang ada. Cenderung memilih informasi secara konkret daripada abstrak. Selaras dengan lingkungan, dan membuat suatu keputusan berdasarkan pengalaman.

2. Auxiliary : Perasaan ekstrovert

Tipe ini menekan pada pertimbangan pribadi, difokuskan untuk membangun keharmonisan antar lingkungan untuk meningkatkan koneksi sosial. Pada tipe ini ISFJ berusaha untuk memenuhi kebutuhan orang lain, dan segala hal yang dicapai oleh ISFJ merupakan sesuatu yang layak dipandang secara sosial.

3. Tersier : Pemikiran introvert

Tipe ini cenderung memiliki perencanaan dan memanfaatkan peran logika. Mampu menerima informasi dan pengalaman baru berdasarkan fungsi keseluruhan.

4. Inferior : Intuisi ekstrovert

Tipe ini memiliki fokus pada fakta konkret dan membentuk fokus terhadap individu. Mampu mengambil fakta dan diolah menjadi gagasan “What-If”  atau “Bagaimana-Jika”. Selain itu, tipe ini mampu mengarah pada wawasan baru mengenai mengenai suatu permasalahan.

Ciri dan tipe dari ISFJ sudah dibahas, lantas apa saja pekerjaan atau karir yang cocok bagi ISFJ? Ada 5 jenis pekerjaan yang cocok bagi ISFJ:

1. Pekerja kantoran

2. Guru

3. Suster

4. Akuntan

5. Pekerja sosial

Setelah melihat penjelasan yang disampaikan mengenai tipe ISFJ ini, bagi Anda yang termasuk ke dalamnya, berarti diri Anda dikatakan sebagai seorang introvert. ISFJ bukan hanya perihal introvert saja, melainkan dipenuhi dengan sikap yang hangat, detail, dan perasa, membuat Anda menjadi orang yang hidup dalam lingkup yang hangat dan detail terkait hal apapun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro