Sariawan adalah sakit pada area mulut yang bisa menyebabkan bau mulut/North Sydney
Health

Bau Mulut Tidak Sedap? Ini Penyebab dan Tips Mengatasinya Saat Puasa

Redaksi
Kamis, 29 Februari 2024 - 12:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bau mulut dapat mengganggu seseorang, sehingga menyebabkan rasa percaya diri saat berbicara dengan orang lain. Bau mulut sering muncul saat sedang puasa dan bisa mengganggu diri sendiri serta orang di sekitar.

Dilansir dari mayoclinic.org dan croasdailedentalarts.com, Kamis (29/2/2024), bau mulut bisa terjadi karena adanya bakteri didalam mulut seseorang. Bakteri ini yang menimbulkan bau tidak sedap pada mulut.

Mari simak penyebab bau mulut:

1. Makanan

Makanan menjadi salah satu faktor yang dapat menyebabkan bau pada mulut Anda. Makanan yang bisa menimbulkan bau mulut, seperti bawang merah, bawang putih, dan rempah-rempah lainnya, makanan tersebut memiliki aroma yang sangat kuat, oleh karena itu dapat menyebabkan timbulnya bau mulut.

2. Produk tembakau

Salah satu produk tembakau yang sampai saat ini masih laris dipasaran yaitu rokok. Rokok, dapat menyebabkan bau mulut, karena memiliki kandungan tembakau di dalamnya. Penyebab yang dapat ditimbulkan dari mengkonsumsi tembakau, yakni dapat terkena penyakit gusi, penyakit ini yang menjadi sumber bau pada mulut Anda. 

3. Tidak menyikat gigi

Menjaga kebersihan mulut merupakan hal yang sangat penting dilakukan agar terhindar dari bau mulut, salah satu caranya yaitu dengan menyikat gigi setiap hari.

Namun, sebagian orang malas untuk melakukannya, akibat yang dapat ditimbulkan yakni sisa-sisa makanan akan menumpuk pada gigi yang pada akhirnya akan menimbulkan plak atau karang gigi. Karang gigi ini, akan menumpuk apabila tidak dibersihkan dan akan menimbulkan bau yang tidak sedap pada mulut Anda.

4. Mulut kering

Air liur dapat membantu membersihkan mulut dengan menghilangkan partikel yang menyebabkan bau tidak sedap. Jika, mulut dalam keadaan kering tentu akan menyebabkan bau pada mulut Anda, karena produksi air liur hanya sedikit, yang artinya partikel yang ada didalam mulut tidak dapat dihilangkan dengan maksimal.

5. Obat

Beberapa obat yang dikonsumsi dapat menimbulkan bau mulut, hal tersebut bisa terjadi karena saat mengkonsumsi beberapa obat terdapat efek samping, seperti menyebabkan mulut kering, sehingga dapat menimbulkan bau pada mulut Anda.


Cara untuk mengatasi bau mulut

1. Minum air

Salah satu penyebab yang dapat menimbulkan bau mulut yaitu dikarenakan kondisi mulut kering. Oleh sebab itu, minum air putih sangat dianjurkan untuk mengatasi bau mulut akibat kondisi mulut yang kering. 

2. Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam dapat mengatasi bau mulut yang dialami, garam dapat menghilangkan bakteri yang ada didalam mulut yang menyebabkan timbulnya bau tidak sedap. 

Anda dapat mencobanya dengan mencampurkan ¼ hingga ½ sendok teh garam dengan 237ml air hangat, kemudian kumur-kumur didalam mulut selama 30 detik, lalu keluarkan.


3. Kunyah cengkeh

Cengkeh mempunyai aroma yang dapat membantu menyegarkan napas, sehingga dapat mengatasi bau tidak sedap pada mulut. Tidak hanya itu saja, cengkeh juga dapat membunuh bakteri penyebab gigi berlubang. Mengunyah cengkeh dianjurkan untuk Anda yang ingin mengatasi bau mulut.

4. Mengkonsumsi buah dan sayur

Bagi, Anda yang ingin menghilangkan bau mulut, maka dapat mengkonsumsi buah dan sayur. Kandungan yang terdapat pada buah dan sayur mampu menghilangkan bakteri penyebab bau pada mulut Anda. 

Buah dan sayur yang dapat dikonsumsi untuk mengatasi bau mulut:

1. Apel

2. Jeruk

3. Wortel

4. Seledri

5. Bersihkan gigi

Salah satu penyebab bau tidak sedap pada mulut yaitu menumpuknya plak atau karang gigi. Karang gigi tidak dapat bersih begitu saja dengan menyikat gigi, maka datanglah ke dokter gigi untuk membersihkan plak tersebut. 

6. Bersihkan lidah

Lidah menjadi tempat berkumpulnya segala jenis bakteri yang dapat menimbulkan bau mulut. Oleh sebab itu, Anda harus membersihkan lidah dengan cara menggosok perlahan menggunakan sikat gigi. (Nur Afifah Azahra Aulia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro