Ilustrasi sepasang kekasih dimabuk asmara/Freepik
Relationship

Tips Cinta, 3 Cara Menangani Konflik dalam Hubungan

Redaksi
Sabtu, 2 Maret 2024 - 13:17
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Seringkali Anda mendengar hubungan sepasang kekasih kandas karena masalah berkomunikasi. Saling memberi argumen, tetapi keduanya juga tidak bisa menurunkan ego masing-masing. 

Kejadian seperti ini sering terjadi di kisah percintaan remaja, yang belum bisa bertindak dewasa dalam mewujudkan suatu hubungan yang sehat. Hubungan yang sehat bukan berarti terbebas dari masalah atau konflik di setiap harinya.

Namun, hubungan yang sehat adalah ketika dua orang saling mencoba untuk terbuka, mau meredam ego masing-masing, dan bersikap dewasa menghadapi permasalahan.

Dilansir dari yourtango, seorang dokter bernama dr. Stan Tatkin, memberikan 3 cara menangani konflik dalam suatu hubungan secara sehat.

Simak cara menangani konflik dalam hubungan:

1. Mencari keamanan tanpa melihat kekurangan dari pasangan

Ketika Anda sedang mengalami konflik, hal yang sering terjadi adalah mengungkit kesalahan di masa lalu dan mencecar kekurangan dari pasangan. Hal tersebut terkesan menghindari topik permasalahan dan merugikan satu pihak saja.

Dalam hubungan yang sehat, sebisa mungkin kedua pasangan mampu melihat situasi yang aman untuk berbicara, tidak mengungkit kesalahan dan kelemahan pasangan, serta yang terpenting mampu berkomunikasi secara tepat, tanpa merugikan satu sama lain. Karena yang terpenting adalah, mampu menemukan solusi bersama untuk kemajuan suatu hubungan.

2. Mengamati situasi untuk berbicara secara tatap muka

Memiliki pasangan yang mampu mengerti perasaan, mampu memahami situasi kapan berbicara dan kapan harus terdiam juga sangat diperlukan. Sebab, ketika sedang menghadapi konflik, yang diinginkan dari kedua pasangan adalah mencermati masalah, lalu bertindak untuk mengatasi konflik yang terjadi.

Mencermati masalah dilakukan dengan fokus menelaah, mencari penyebab konflik, dan tau cara apa yang tepat untuk menangani. 

Baru setelahnya mengamati situasi yang tepat untuk berbicara dan bertindak secara tepat tanpa menghakimi kesalahan pasangan.

3. Mengelola waktu yang tepat untuk masuk dan keluar dari konflik

Memiliki pasangan yang mampu menuntun Anda, kapan waktu yang tepat untuk masuk ke dalam konflik, dan berani keluar dalam konflik, adalah keuntungan yang belum tentu bisa dimiliki oleh banyak orang. Pemahaman yang dimiliki oleh beberapa orang dalam menangani sebuah konflik itu sangat diperlukan. 

Inti dari hal ini adalah kedua pasangan harus sanggup dan siap untuk belajar serta menerapkan cara yang tepat dalam menangani suatu konflik. Ketika kedua pasangan sudah siap dan terbiasa menangani suatu konflik dengan baik dan sehat, maka hubungan pasangan tersebut akan bertahan lama bersama prinsip hubungan sehat yang dijalani. 

Perlu diketahui bahwa konflik yang hadir dalam suatu hubungan adalah hal biasa yang harus diatasi oleh setiap pasangan. Memiliki sikap saling percaya, respect, dan tidak mengedepankan ego tersendiri sangat diperlukan bagi kedua pasangan. 

Pentingnya menerapkan cara sehat dalam suatu hubungan menjadi kunci keberhasilan yang dimiliki oleh setiap pasangan. Tak lupa juga, belajar memahami karakter pasangan, menangani suatu konflik dengan kepala dingin, memahami situasi yang tepat dalam bertindak, supaya hubungan yang Anda jalani mampu bertahan lama. (Maharani Dwi Puspita Sari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro