Guru Besar Universitas Padjadjaran, Amaliya (tengah) memberikan penjelasan tentang pengurangan bahaya tembakau melalui pemanfaatan produk tembakau alternatif dalam diskusi “Konsep dan Implementasi Pengurangan Bahaya Tembakau” di Vape Carnival Solo 2024./ Dok. Istimewa
Health

Cara Berhenti Merokok, Begini Tips dari Pakar Kesehatan

Rio Sandy Pradana
Rabu, 6 Maret 2024 - 22:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Masyarakat perokok seringkali masih kesulitan menemukan cara untuk berhenti merokok kendati sudah menyadari risiko kesehatan.

Pakar kesehatan menyarankan pengurangan bahaya tembakau melalui pemanfaatan rokok elektronik (vape), produk tembakau yang dipanaskan, dan kantong nikotin.

Produk tersebut dinilai menjadi salah satu opsi yang efektif bagi perokok dewasa yang selama ini kesulitan untuk beralih dari kebiasaannya. Sebab, berhenti merokok secara langsung tidak mudah dilakukan para perokok.

Guru Besar Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran, Amaliya menjelaskan bahwa pengurangan bahaya tembakau memberikan pendekatan yang baru bagi perokok dewasa untuk meminimalkan risiko akibat merokok. 

“Merokok merupakan kebiasaan yang sangat sulit dihentikan. Metode ini untuk mengurangi bahaya tembakau bagi perokok dewasa yang kesulitan untuk berhenti merokok,” kata Amaliya dalam diskusi “Konsep dan Implementasi Pengurangan Bahaya Tembakau” di Vape Carnival Solo, dikutip Kamis (7/3/2024).

Dia menambahkan implementasi dari metode tersebut dengan cara memanfaatkan produk tembakau alternatif yang kini sudah makin beragam. 

Amaliya menjelaskan, produk tembakau alternatif telah teruji secara ilmiah dalam mengurangi risiko kesehatan dibandingkan dengan rokok. Pasalnya, produk seperti rokok elektronik dan produk tembakau yang dipanaskan menerapkan sistem pemanasan, berbeda dengan rokok yang melalui proses pembakaran. 

Dia menuturkan lantaran tak ada pembakaran, hasil dari penggunaan produk tembakau alternatif adalah berupa uap, bukan asap yang mengandung senyawa berbahaya seperti TAR pada rokok. 

“Ini perbedaan mendasar. Kalau merokok, perokok dewasa mendapatkan nikotin sekaligus TAR,” katanya. 

National Cancer Institute Amerika Serikat menyebut, TAR mengandung berbagai senyawa karsinogenik pemicu kanker. Dari sekitar 7.000-an bahan kimia yang ada di dalam asap rokok, 2.000 di antaranya terdapat pada TAR. 

Adapun, organisasi penelitian kanker independen dari Inggris, Cancer Research UK, menyebutkan bahwa nikotin bukan pemicu utama atas penyakit yang berkaitan dengan merokok, serta bukan penyebab utama kanker. Maka, persepsi yang beranggapan sebaliknya tidak benar.

“Nikotin hanya menciptakan adiksi,” tambah Amaliya. 

Public Health England (PHE), yang kini dikenal sebagai UK Health Security Agency, telah mempublikasikan hasil kajian berjudul “Evidence Review of E-Cigarettes and Heated Tobacco Products”. Hasilnya, rokok elektronik dan produk tembakau yang dipanaskan mampu mengurangi paparan risiko hingga 90-95% lebih rendah daripada rokok. 

Dengan fakta itu, PHE mengatakan produk tembakau alternatif dapat membantu lebih banyak perokok beralih dari kebiasaannya.

Ann McNeill, profesor di departemen kecanduan Kings College London, mengatakan, merokok memiliki risiko kesehatan. Namun, masih banyak perokok dewasa belum mengetahui manfaat yang akan diperolehnya jika beralih ke produk tembakau alternatif. 

“Mereka tidak mengetahui bahwa produk tembakau alternatif memiliki paparan risiko yang lebih rendah. Namun produk ini tidak sepenuhnya bebas risiko,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro