Ilustrasi batu ginjal/harvarduniversity
Health

Hari Ginjal Sedunia, Simak 10 Cara Jaga Kesehatan Ginjal

Redaksi
Sabtu, 9 Maret 2024 - 10:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tanggal 9 Maret diperingati sebagai Hari Ginjal Sedunia atau World Kidney Day (WKD). Sejarah hari ini menjadi himbauan kepada masyarakat agar dapat memperhatikan kesehatan ginjal mereka.

Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang cukup penting, seseorang hidup dengan mempunyai dua ginjal. Namun tidak bisa dipungkiri, banyak orang didunia yang mengalami masalah kesehatan pada ginjal mereka, sehingga menyebabkan mereka harus hidup dengan satu ginjal.

Banyak faktor yang mempengaruhi timbulnya penyakit pada ginjal, salah satu faktornya yaitu pola hidup tidak sehat. Mulai sekarang cobalah untuk memperhatikan pola hidup yang dijalani, agar tetap bisa hidup dengan sehat.

Dilansir dari devasyahospital.com dan kidneycareuk.org, hipertensi dan diabetes menjadi penyebab timbulnya penyakit ginjal kronis.

Simak berikut cara menjaga kesehatan ginjal:

1. Kurangi konsumsi garam

Pola makan akan mempengaruhi kesehatan ginjal. Jika sampai saat ini, Anda masih sering mengonsumsi makanan dengan kadar garam yang tinggi, maka cobalah untuk menguranginya.

Mengonsumsi garam secara berlebihan akan memicu penyakit tekanan darah tinggi yang akan mempengaruhi kinerja ginjal. Tekanan darah tinggi menjadi penyebab dari penyakit ginjal, seperti batu ginjal.

Mulai sekarang usahakan untuk mengonsumsi garam hanya satu sendok teh setiap hari, karena ¾ garam sudah ada dalam makanan yang dikonsumsi, seperti makanan olahan, acar, dan makanan asin lainnya. Jika membeli makanan kemasan, perhatikan kandungan garam pada kemasannya, pilihlah makanan yang kadar garamnya lebih rendah agar kesehatan ginjal tetap terjaga.


2. Kurangi konsumsi gula

Orang dewasa harus mengonsumsi maksimal 30 gram gula setiap hari, mengonsumsi gula berlebih dapat menyebabkan kenaikan pada berat badan, menjaga berat badan yang sehat dapat membantu mengurangi kemungkinan terkena penyakit ginjal. 

Mulai sekarang cobalah untuk mengurangi konsumsi gula, apabila ingin membeli makanan dan minuman kemasan perhatikan jumlah komposisi gula dalam kemasan, pilihlah produk yang rendah gula. Namun, jika masih kurang sebagai solusi Anda dapat mengonsumsi buah-buahan.


3. Makan sayur dan buah

Pola makan akan mempengaruhi kesehatan ginjal, pola makan yang sehat membantu meringankan ginjal dalam menjalani tugasnya. Kurangi konsumsi makanan kemasan, beberapa makanan kemasan mempunyai kandungan yang tidak sehat, mulai sekarang cobalah untuk mengonsumsi makanan alami, seperti buah dan sayur.

Idealnya dalam sehari mengonsumsi buah dan sayur sebanyak lima porsi dengan menambahkan beberapa makanan lainnya, seperti susu, telur, ikan, dan daging.


4. Berhenti merokok

Merokok tidak baik untuk kesehatan, banyak orang yang terkena penyakit karena mengonsumsinya. Orang yang merokok akan lebih mudah terkena penyakit gagal ginjal dibandingkan dengan orang yang tidak merokok.

Banyak hal negatif yang diberikan rokok, berikut penyakit yang disebabkan karena merokok

1. Kanker ginjal

2. Detak jantung meningkat

3. Darah tinggi

4. Timbunan lemak di pembuluh darah

5. Pembekuan darah

Mulai sekarang cobalah untuk berhenti merokok, agar dapat mengurangi risiko terkena penyakit tersebut. Jika mengalami kesulitan dalam menjalaninya, maka lakukanlah konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan solusi secara profesional.


5. Berhenti minum alkohol

Mengonsumsi alkohol dengan jumlah banyak dan dalam jangka waktu lama akan berpengaruh kepada kesehatan. Beberapa penyakit dapat ditimbulkan apabila mengonsumsinya, seperti kolesterol dan darah tinggi yang menjadi faktor penyebab penyakit ginjal. Mulai dari sekarang cobalah untuk mengurangi konsumsi alkohol, agar ginjal tetap sehat.


6. Olahraga

Melakukan pergerakan fisik akan sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Olahraga dapat dilakukan untuk menciptakan pola hidup sehat, lakukan selama 150 menit untuk olahraga sedang dan 75 menit olahraga berat.

Olahraga yang teratur akan mempengaruhi gula darah dan tekanan darah agar tetap stabil, sehingga dapat meringankan beban ginjal. Selain itu, manfaat lain yang diberikan yakni dapat menurunkan berat badan, mencegah obesitas dan diabetes yang menjadi faktor penyebab timbulnya penyakit ginjal.

Jika, Anda tidak terbiasa untuk melakukan olahraga berat maka dapat melakukan olahraga yang ringan, seperti berjalan, jalan cepat, bersepeda atau melakukan aktivitas yang dapat membuat keringat keluar.


7. Minum banyak air putih

Tubuh sangat membutuhkan cairan agar bisa membantu semua sel tubuh dapat bekerja dengan baik, beberapa orang yang mempunyai penyakit ginjal disebabkan karena kurang minum air putih.

Mempunyai cairan yang cukup dalam tubuh dapat membantu mengeluarkan kristal yang membentuk batu ginjal dan bakteri yang berhubungan dengan Infeksi Saluran Kemih (ISK).

Mulai sekarang cobalah untuk minum air putih enam sampai delapan gelas dalam sehari sebagai upaya mencegah timbulnya penyakit ginjal.


8. Tidur yang cukup

Menjaga kesehatan ginjal dapat dilakukan melalui pola tidur yang benar. Penelitian menunjukkan, tidur selama lima jam atau kurang setiap malam akan berdampak langsung pada fungsi ginjal. Siklus tidur yang buruk akan mempengaruhi kemampuan ginjal dalam melakukan tugasnya.

Mulai sekarang cobalah untuk merubah siklus tidur sebagai upaya terhindar dari penyakit ginjal, Anda harus mengurangi konsumsi kafein dan alkohol yang menjadi penyebab seseorang sulit tidur dan berolahraga untuk meningkatkan kualitas tidur Anda.


9. Perhatikan obat yang dikonsumsi

Beberapa kasus orang yang mengalami masalah ginjal disebabkan karena terlalu banyak mengonsumsi obat. Obat-obatan OTC yang dijual bebas, jika dikonsumsi dalam jangka panjang dapat membahayakan ginjal.

Mengonsumsi obat OTC aman apabila benar dalam penggunaannya, minumlah sesuai dengan resep yang diberikan. Jika, Anda harus mengonsumsi dalam jangka panjang, wajib untuk berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu agar dapat meminimalkan risiko kerusakan ginjal.


10. Perhatikan tekanan darah

Mempunyai tekanan darah tinggi atau hipertensi akan menimbulkan beberapa masalah kesehatan, tidak terkecuali pada kesehatan ginjal. Terus perhatikan tekanan darah Anda, karena tekanan darah yang tinggi akan memberikan beban pada kinerja ginjal. Apabila kinerja ginjal tidak berjalan dengan lancar, akan menyebabkan komplikasi didalamnya. (Nur Afifah Azahra Aulia)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro