Ilustrasi perempuan makan sambil nonton yang bisa membuat berat badan naik/Freepik
Health

Tips Anti Gemuk Selama Bulan Puasa Ramadan

Redaksi
Selasa, 12 Maret 2024 - 21:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bulan puasa menjadi momentum berharga bagi umat Islam. Keberkahan dan kelimpahan yang datang, menjadikan umat Islam untuk senantiasa beribadah, dan menjaga pola hidup selama bulan puasa.

Banyak orang yang terbelenggu oleh kenaikan berat badan yang meningkat selama bulan puasa. Hal tersebut bisa disebabkan banyaknya konsumsi gula dan kurangnya aktivitas sehat setiap harinya.

Namun, sebagian orang menganggap momentum bulan puasa ini sebagai ajang untuk mencoba berbagai kenikmatan yang ada, salah satunya dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang manis. Kandungan gula yang berlebih akan berakibat fatal pada tubuh manusia.

Dilansir dari alarabiya, ada beberapa tips yang dapat digunakan supaya berat badan tetap terjaga dan tidak gemuk selama bulan puasa, yaitu dengan:

1. Konsumsi dua gelas air putih saat buka puasa.

2. Konsumsi empat gelas diantara buka puasa dan sahur.

3. Konsumsi dua gelas saat sahur.

Umumnya, tubuh manusia mengonsumsi 2 liter air atau setara dengan 8 gelas per harinya. Faktor terpenting dalam penurunan berat badan adalah dengan menjaga hidrasi pada tubuh. Bagi orang yang berpuasa, minum air putih mampu memberikan hidrasi pada tubuh supaya tidak kehabisan cairan saat berpuasa. 

Hindari minuman yang mengandung kafein seperti kopi maupun teh yang tidak dapat membantu menjaga hidrasi pada tubuh. Anda bisa mengkonsumsi teh herbal yang memiliki formula khusus untuk menurunkan berat badan, dan aman dikonsumsi. Manfaat lain dari air putih juga mampu proses metabolisme dalam tubuh yang mengalami penurunan saat bulan puasa.

Saat Anda mengonsumsi air putih, maka akan menjadi penentu supaya berat badan tidak naik adalah menjaga pola makan saat berbuka dan sahur. Dianjurkan oleh rasulullah SAW saat berbuka mengonsumsi kurma dengan jumlah yang ganjil. Fungsi kurma ini adalah sebagai gula pengganti sekaligus sumber energi pada tubuh manusia. Setelah sehari berpuasa dan kekurangan kadar gula, kurma hadir sebagai gula alami yang membantu mengembalikan stamina orang-orang yang menjalankan puasa.

Dianjurkan hindari makanan yang mengandung natrium atau kadar garam berlebih saat makan berat maupun sahur. Efek yang dihasilkan dari natrium ini akan membuat seseorang mudah haus saat berpuasa. Hindari makanan atau minuman yang mengandung kadar gula secara berlebih karena hanya akan mengakibatkan efek kantuk dan lemas di siang hari. 

Setelah Anda memahami penjelasan mengenai tips anti gemuk dan berat badan tetap terjaga, hal yang perlu dilakukan adalah mencoba dan menerapkan cara tersebut setiap harinya. Tujuannya adalah supaya puasa Anda menjadi berkah dan kesehatan pun tetap terjaga. (Maharani Dwi Puspita Sari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro