Waspada! Gejala Penurunan Fungsi Ginjal Baru Terasa Jika Sudah Parah/thekidneysolution.com
Health

Waspada! Gejala Penurunan Fungsi Ginjal Baru Terasa Jika Sudah Parah

Mutiara Nabila
Kamis, 14 Maret 2024 - 08:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pada pekan kedua Maret setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Ginjal Dunia, untuk meningkatkan kesadaran kepada masyarakat bahwa penyakit ginjal merupakan salah satu penyakit yang cukup meresahkan.  

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, di Indonesia 1 dari 10 orang terkena penyakit ginjal dan trennya semakin hari semakin naik. Tak hanya yang sudha berusia lanjut, usia muda juga sudah bisa kena penyakit ginjal. 

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Maxi Rein Rondonuwu mengatakan, hal ini karena semakin tinggi pola makan tidak sehat, kasus obesitas, diabetes, dan hipertensi. Sementara hipertensi dan diabetes di Indonesia tinggi. 

"Oleh karena itu, perlu meningkatkan kesadaran masyarakat, perilaku hidup sehat dan skrining berkala itu penting, jangan sampai sakit terutama kalau punya faktor risiko," ujarnya di Jakarta, Rabu (13/3/2024).

Gejala Penyakit Ginjal

Dr. dr. Pringgodigdo Nugroho, Sp.PD-KGH menambahkan, kasus penyakit ginjal baru terdeteksi atau bergejala ketika fungsi ginjal sudah menurun sampai dengan 90%, artinya tersisa 10%. 

"Kenapa 90% baru terdeteksi karena daya cadang ginjal besar, satu itu bisa memenuhi 4 kali dari kebutuhan dasar," jelasnya.

Salah satu yang perlu diperhatikan ketika punya faktor risiko penyakit ginjal adalah dari urin, apakah terdapat perubahan di urin. 

1. Urin Berbusa

Dr. Pringgo menyebutkan, kalau urinnya berbusa banyak, dihubungkan dengan adanya protein di dalam urin, yang normalnya tidak ada. 

"Jadi karena ada peradangan dia bocor,  jadi ada protein di urin, kalau berbusa banyak segera diperiksakan ke faskes," ungkapnya.  

2. Urin berwarna atau berdarah

Apabila urinnya terdapat perubahan warna, misalnya kemerahan atau berdarah, artinya ada sel darah merah di dalam urin yang menandakan adanya peradangan di ginjal. 

"Urin menjadi penanda, yang menunjukkan dengan organ yang bersangkutan," tegasnya. 

3. Penumpukan cairan

Adapun, tanda lainnya penyakit ginjal jika fungsinya sudah tersisa 10% itu adalah penumpukkan cairan, sehingga kaki bengkak, perut buncit, atau kalau sudah menumpuk toksin, bisa terjadi mual muntah, sampai terjadi penurunan kesadaran. 

"Itu gejala yang biasanya sudah parah," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro