Konsumsi Alkohol Sebabkan Kerusakan Mata? Begini Penjelasan Dokter
Health

Konsumsi Alkohol Sebabkan Kerusakan Mata? Begini Penjelasan Dokter

Choirul Anam
Sabtu, 16 Maret 2024 - 18:00
Bagikan

Bisnis.com, MALANG - Penyakit mata dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti misalnya infeksi mata, trauma akibat benturan, konsumsi zat tertentu, atau bisa jadi ada gangguan pada saraf optik.

Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Aryani Vindhya Putri, mengatakan gejala yang dapat dialami oleh pasien dengan penurunan penglihatan mendadak biasanya disertai mata merah atau tidak merah, mual, muntah, pusing, nyeri pada mata, ataupun penglihatan menjadi putih seketika.

“Selain itu, perlu adanya pemeriksaan menyeluruh seperti riwayat penyakit, CT-scan otak, pemeriksaan laboratorium, dan lain sebagainya,” katanya, Sabtu (16/3/2024).

Lebih khusus, kata dia,  jika hal ini disebabkan karena konsumsi zat tertentu maka akan berbeda cara penanganan dan gejala yang dialami oleh pasien. Orang yang meminum alkohol, satu dengan lain bisa jadi memiliki gejala atau bisa juga mengalami hal yang berbeda.

Alkohol ada yang memiliki kandungan methanol maupun ethanol, di mana jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama dan jumlah yang banyak, maka dapat menumpuk dan menyebabkan gangguan seperti gangguan pada mata, terutama alkohol oplosan yang biasanya terdapat kandungan metanol, yang memiliki sifat lebih beracun.

Apalagi jika tidak diketahui kadar alkoholnya secara pasti, yang mana justru dapat memperburuk efek yang dialami oleh pasien.

“Efek paling fatal dari mengkonsumsi alkohol ialah ketika zat metanol tersebut sampai menyerang saraf optik kita. Bisa jadi, hal ini akan mengakibatkan papil edema atau pembengkakan pada saraf mata dan susah untuk kembali normal dan bahkan mengancam nyawa,”  ujarnya.

Jika sudah dalam kondisi seperti ini, dia menyarankan,  untuk mengembalikan penglihatan seratus persen tergantung dari kondisi pasien, jumlah zat yang dikonsumsi, berapa lama zat tersebut telah dikonsumsi, dan kondisi atau reaksi pasien sendiri.

Maka dari itu, bila terjadi kerusakan saraf mata lanjut, maka penanganan yang dilakukan adalah mempertahankan sisa penglihatan seperti memberi vitamin dan memberi obat lain yang diperlukan.

Jika masih pada fase awal, penanganan yang dilakukan dapat berupa cuci darah ataupun pemberian obat secara teratur. Sementara, jika disebabkan karena adanya kekeruhan atau pendarahan, maka penanganannya adalah pembersihan dengan jalan operasi.

Untuk itu, dokter spesialis mata tersebut menyarankan, agar masyarakat menghindari konsumsi zat berbahaya seperti alkohol. Tak hanya itu, beberapa zat lain seperti obat yang diminum rutin untuk penyakit tertentu, NAPZA, atau bahkan tembakau juga dapat menjadi cikal bakal penyakit pembengkakan mata.

Dia menyarankan, agar selalu rutin melakukan pengecekan pada mata. Apalagi bagi pasien yang memiliki riwayat penyakit lain seperti hipertensi atau TBC, mereka memang diharuskan untuk mengkonsumsi obat secara rutin untuk mengatasi penyakit itu. Wajib hukumnya bagi mereka untuk memeriksakan mata secara rutin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro