Ilustrasi ketakutan/Istimewa
Health

Tips Mengatasi Ketakutan Saat Menjalani Hidup

Redaksi
Senin, 18 Maret 2024 - 14:44
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Setiap orang pasti pernah mengalami ketakutan dalam hidupnya, tetapi banyak dari mereka yang sulit untuk keluar dari kondisi tersebut karena tidak mengetahui cara yang tepat untuk mengatasinya.

Ketakutan yang dialami jika dibiarkan saja tanpa adanya penanganan bisa berdampak buruk yakni akan mengganggu aktivitas dijalani karena kondisi mental yang tidak stabil. 

Banyak faktor yang mempengaruhi rasa takut yang berlebih bisa terjadi yakni seperti mempunyai trauma dimasa lalu atau mendapatkan ancaman dari luar.

Dilansir dari nhsinform.scot dan betterup.com, Senin (18/3/2024) ketakutan merupakan emosi yang dialami ketika seseorang melihat ancaman terhadap kesejahteraan fisik atau emosionalnya.

Gejala orang mengalami ketakutan

1. Respon yang mengejutkan yakni berupa gerakan tiba-tiba seperti tersentak atau melompat

2. Perasaan lega setelah ancaman yang dialami hilang

3. Gugup atau gelisah

4. Detak jantung lebih cepat

5. Pernapasan tidak teratur

6. Ketegangan otot

7. Kesemutan atau kedinginan


Simak tips untuk mengatasi rasa ketakutan:

1. Perhatikan perasaan diri sendiri

Banyak orang yang takut dalam hidupnya disebabkan karena sulitnya memahami bentuk emosi yang sedang dialaminya. Cara yang tepat untuk mengatasi rasa takut yang dialami yakni dengan memahami emosi yang dirasakan, mulai sekarang cobalah untuk memahami dan memperhatikan bentuk emosi seperti sedih atau senang agar bisa mengidentifikasi kecemasan yang dialami dan dapat mengambil keputusan serta tindakan yang tepat untuk keluar dari perasaan yang dialami.


2. Menerima perasaan yang dialami

Terkadang orang yang sedang mengalami ketakutan dalam hidupnya akan terus mencoba untuk mengabaikan yang dirasakan dan mencoba untuk terlihat baik-baik saja, namun jika dibiarkan saja tanpa ada penanganan hanya akan memperburuk keadaan. 

Mulai sekarang cobalah untuk menerima perasaan takut yang dialami karena pada dasarnya perasaan takut tersebut pasti akan terjadi dalam hidup seseorang. Jika sudah tidak kuat maka menangislah, terkadang menangis memang tidak bisa menyelesaikan suatu masalah namun dengan menangis dapat memberikan efek ketenangan karena dapat mengeluarkan emosi yang dirasakan.


3. Luangkan waktu untuk diri sendiri

Terkadang terus memikirkan apa yang menjadi penyebab rasa ketakutan terjadi akan membuat seseorang makin terpuruk dengan keadaannya. Mulai sekarang cobalah meluangkan waktu untuk diri sendiri sebagai upaya mengatasi rasa takut yang terjadi.

Cara yang dapat dilakukan yakni dengan meluangkan waktu 15 menit untuk melakukan kegiatan yang dapat menenangkan pikiran yakni melakukan kegiatan yang disenangi seperti berkebun, olahraga, menonton, atau berjalan-jalan.

4. Melakukan teknik pernapasan saat mengalami ketakutan

Jika seseorang sedang mengalami ketakutan terkadang detak jantung lebih cepat dari biasanya dan telapak tangan berkeringat, jika sedang mengalami ini jangan panik cobalah untuk melakukan teknik pernapasan agar dapat lebih tenang.

Lakukan dengan cara tarik napas dalam-dalam dan buang secara perlahan lakukan teknik ini sampai mendapatkan ketenangan. Pernapasan yang dalam dapat mengaktifkan sistem saraf parasimpatis sehingga dapat menghilangkan respons stres pada tubuh.


5. Buang pikiran bahwa hidup harus sempurna

Pada dasarnya tidak ada manusia yang sempurna, setiap orang mempunyai kekurangan dan kelebihan dalam hidupnya dan semua orang pasti mempunyai masalah dalam menjalani hidup.

Orang yang mempunyai rasa takut berlebihan salah satunya disebabkan karena mempunyai pikiran bahwa hidup yang dijalani tidak sempurna seperti orang lain, mempunyai pemikiran ini hanya akan membuat hidup semakin terpuruk dan menimbulkan ketakutan serta kecemasan dalam menjalani aktivitas. Mulai sekarang cobalah menanamkan pikiran bahwa hidup yang dijalani tidak harus sempurna dan setiap masalah yang dihadapi pasti terdapat solusi untuk mengatasinya.


6. Memberikan penghargaan untuk diri sendiri

Banyak orang yang lupa untuk memperhatikan dirinya dan terlalu memikirkan orang lain sehingga akan lebih besar kemungkinan menimbulkan rasa ketakutan dalam hidup seperti membandingkan pencapaian orang lain dengan dirinya, hal ini hanya akan menimbulkan rasa takut akan masa depan sehingga dapat menghambat proses yang sedang dijalani. 

Cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa takut yang dialami yakni salah satunya dengan memberikan penghargaan pada diri sendiri. Langkah awal yang dapat dilakukan yakni dengan mengapresiasi segala sesuatu yang telah dilewati, seperti mengucapkan afirmasi yang positif kepada diri sendiri.

Cara lain yang dapat dilakukan yakni dengan memberikan hadiah untuk diri sendiri yang dapat membuat bahagia, seperti makan diluar, membeli buku, menonton film keluar, dan berlibur dengan suasana yang berbeda.

7. Bercerita dengan orang yang dipercaya

Cara mengatasi rasa takut yang dialami yakni salah satunya dengan menceritakan ketakutan yang dirasakan kepada orang yang dipercaya seperti keluarga, teman, atau pasangan. Memang tidak semua masalah akan selesai dengan bercerita kepada orang lain, namun cara ini dapat membantu Anda dalam menenangkan pikiran dan membuat merasa bahwa Anda tidak sendirian dalam menghadapi ketakutan tersebut.

Namun jika berbicara dengan orang yang dipercaya tidak dapat mengatasi rasa ketakutan yang dialami, maka cobalah menggunakan tenaga profesional seperti dokter untuk menangani dan mendapatkan solusi atas ketakutan yang dialami. (Nur Afifah Azahra Aulia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro