Bikin Kenyang Lebih Lama, 5 Makanan Ini Cocok Jadi Santap Sahurl/boldsky.com
Health

Bikin Kenyang Lebih Lama, 5 Makanan Ini Cocok Jadi Santap Sahur

Redaksi
Senin, 18 Maret 2024 - 16:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Makan ketika sahur merupakan agenda yang tidak boleh dilewatkan saat berpuasa. Pasalnya, hal itu dapat menjaga tubuh tetap bugar menjalani waktu puasa.

Walaupun sudah makan di waktu sahur, rasa lapar tetap melanda terutama di ketika siang hari. Sehingga perlu mengonsumsi makanan yang bisa menahan lapar lebih lama.

Menu makan saat waktu sahur haruslah memenuhi berbagai nutrisi untuk mencegah rasa lapar, terutama bagi Anda yang memiliki aktivitas cukup padat di mana membutuhkan energi tambahan.

Bisnis telah merangkum informasi tentang makanan yang bisa membuat rasa kenyang lebih lama selama menjalan ibadah puasa.

1. Telur

Telur nampaknya sudah menjadi makanan pendamping atau makanan utama yang selalu tersaji di dapur Anda. Kandungan protein yang tinggi pada telur dapat membantu menahan rasa lapar dan memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

Telur juga memiliki kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan karotenoid yang baik untuk metabolisme tubuh. Supaya menu lebih bervariasi, Anda bisa menambahkan sayuran ke dalam telur yang ingin digoreng.

2. Smoothies Buah

Smoothie buah merupakan campuran dari buah-buahan yang diblender dan memiliki tekstur kental. Perpaduan ciamik ini mempunyai beragam kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda, seperti, protein, mineral, kalsium, dan vitamin.

Anda bisa mencampurkan berbagai buah yang Anda sukai untuk meningkatkan nafsu makan. Namun, usahakan kandungan gula dalam smoothies tidak banyak. Coba membuat smoothies dengan bahan dasar pisang, strawberry, susu cair, dan yogurt.

3. Sayur-sayuran

Sayur-sayuran kaya akan serat dan berbagai vitamin serta mineral yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan metabolisme tubuh. Ketika sahur, Anda bisa membuat berbagai aneka masakan berbahan dasar sayur, seperti capcay, tumis kangkung, tumis pakcoy, dan bergam sayur kuah bening.

Tidak hanya baik untuk kesehatan, menu ini bisa dimasak tanpa ribet sehingga cocok untuk menu sahur.

4. Kacang

Kacang mengandung protein nabati, karbohidrat, dan serat yang mampu mempertahankan rasa kenyang selama berpuasa. Anda bisa mengonsumsi kacang tanah, almond, dan hazelnut karena memiliki kandungan rendah gula sehingga mampu menjaga stabilitas glukosa dalam tubuh.

Anda bisa mengkombinasikan aneka kacang ke dalam masakan, seperti tumis tempe orek, tumis sambal ikan teri, sampai sayur asem.

5. Daging

Daging merah atau ayam bisa menjadi menu santap sahur Anda, lantaran memiliki kandungan protein, zat besi, vitamin B dan D, sampai omega 3. Anda bisa membuat berbagai olahan daging, seperti dendeng, ayam goreng, dan aneka sop. Pastinya daging dapat menahan rasa lapar lebih lama sepanjang waktu puasa

6. Oatmeal

Oatmeal mempunyai kandungan rendah lemak dan sumber serat yang baik untuk kesehatan jantung. Anda bisa mengkombinasikan oatmeal dengan buah-buahan untuk mendapatkan nutrisi tambahan. Menu oatmeal juga cocok dikonsumsi saat sahur karena praktis untuk dibuat.

7. Ikan

Ikan kaya akan omega-3 yang memberikan dampak baik bagi tubuh. Sebuah penelitian pada tahun 2008, asam lemak omega-3 mampu meningkatkan rasa kenyang yang memiliki masalah berat badan.

Bahkan, ikan kandungan protein pada ikan jauh lebih tinggi dibandingkan telur dan daging sapi. Anda bisa mengolah ikan menjadi sop atau di grill dengan campuran bumbu lainnya. Pastikan Anda mengurangi kandungan garam dan gula pada masakan. (Muhammad Sulthon Sulung Kandiyas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro