Wapres Maruf Amin / Setwapres
Health

Wapres Ma'ruf Amin Kecewa Dengan Realisasi Penurunan Prevalensi Stunting 2023 Hanya 0,1%

Akbar Evandio
Selasa, 19 Maret 2024 - 16:33
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres ) Ma’ruf Amin mengaku kecewa dengan penurunan angka prevalensi stunting yang tak mengalami penurunan signifikan pada 2023.

Hal ini dia sampaikan saat membuka Rapat Tingkat Menteri (RTM) tentang koordinasi pengarah dan pelaksana percepatan penurunan stunting di Istana Wakil Presiden, Selasa (18/3/2024).

Orang nomor dua di Indonesia itu mengungkapkan bahwa prevalensi stunting di Indonesia pada 2023 hanya turun 0,1 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

“Prevalensi stunting pada 2023 adalah sebesar 21,5% hanya turun 0,1 persen dari 2022 [yaitu 21,6%]. Betul itu ya? Ini seharusnya menjadi perhatian kita, artinya angka ini tidak sesuai dengan target penurunan,” katanya saat membuka rapat.

Wapres Ke-13 RI itu pun menekankan bahwa memasuki tahun terakhir pelaksanaan percepatan penurunan stunting seharusnya capaian yang diraih sesuai dengan target pemerintah untuk menurunkan angka stunting di kisaran 3%.

Apalagi, kata Ma’ruf prevalensi stunting di Indonesia pada tahun-tahun sebelumnya turun secara cukup signifikan. Sehingga dia menginstruksikan bahwa ada perhatian serius agar prevalensi stunting dapat diturunkan ke angka 14% pada 2024 sesuai target pemerintah.

“Target prevalensi stunting 14% pada 2024 ini bisa dicapai atau tidak. Soalnya semenjak pelaksanaan program 2018 kita melihat tren penurunan stunting yang cukup baik. Namun, laporan dari Menteri Kesehatan menyatakan bahwa hasil survei kesehatan Indonesia justru berbeda,” pungkas Ma’ruf

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Akbar Evandio
Editor : Muhammad Ridwan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro