Buah Apel. /Bisnis.com-Janlika
Health

Cara Bersihkan Usus Selama Puasa: Konsumsi Apel Salah Satunya

Redaksi
Kamis, 21 Maret 2024 - 15:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Puasa tidak hanya menguatkan hubungan antara manusia dengan Tuhan, namun memberikan beragam manfaat kesehatan bagi tubuh. Salah satunya dapat menyehatkan usus. Tentunya ditopang dengan asupan yang seimbang.

Melansir dari Life MD, saat berpuasa, produksi asam lemak rantai pendek akan meningkat dan mengurangi peradangan ketika bakteri memfermentasi makanan yang tidak tercerna.

Terbatasnya asupan makanan dan minuman untuk beberapa jam membantu menghilangkan bakteri berbahaya yang tidak dapat beradaptasi dengan kondisi tersebut.

Di sisi lain, menurut Dr. Maikel Peppelenbosch, professor gastroenterology dari University Medical Center di Belanda, menyatakan populasi bakteri bernama Lachnospiraceae akan meningkat saat tubuh sedang berpuasa.

“Mereka bisa hidup dari lendir yang dibuat oleh usus, sehingga mereka bisa mengalahkan bakteri lain dalam keadaan berpuasa,” kata Maikel, melansir dari Time Magazine, dikutip Kamis (21/3/2024).

Dapat dikatakan, selama berpuasa, tubuh akan secara alami membersihkan usus dari bakteri jahat dan menyehatkan tubuh untuk jangka waktu yang panjang.

Tetapi, hal itu semua akan sia-sia jika Anda mengonsumsi makanan atau minuman yang justru mengganggu kesehatan, terutama pada usus.
Melansir dari Health.com, Anda bisa membersihkan usus dengan mengonsumsi makanan yang baik untuk usus, yakni:
1. Apel
2. Pisang
3. Keju
4. Kombucha
5. Gandum
6. Kentang
7. Yogurt
8. Tomat
9. Stroberi
10. Acar

Makanan tersebut bisa diolah sesuai keinginan Anda supaya nikmat saat dikonsumsi. Selain itu, pastikan cairan tubuh Anda terpenuhi seperti yang disarankan oleh Kementerian Kesehatan, yakni minum 2 liter air selama sehari

Anda juga bisa berkonsultasi dengan tenaga ahli kesehatan untuk menyesuaikan tubuh Anda terhadap jenis makanan yang ingin dikonsumsi. Mengingat beberapa orang mempunyai alergi terhadap makanan. (Muhammad Sulthon Sulung Kandiyas)



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro