Ilustrasi pria yang makan junk food/Dailyedge
Health

5 Tips untuk Berhenti Mengonsumsi Junk Food

Redaksi
Senin, 25 Maret 2024 - 12:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Junk food apabila dikonsumsi dalam jumlah yang banyak dengan jangka waktu lama akan menimbulkan beberapa masalah kesehatan untuk itu mulai sekarang cobalah untuk berhenti mengonsumsinya.

Banyak faktor yang membuat seseorang akhirnya lebih memilih junk food yakni salah satunya karena mudah didapatkan dan praktis, namun banyak dari mereka yang tidak memikirkan efek samping yang diberikan setelahnya.

Junk food yang diolah dengan beberapa bahan pengawet dapat menimbulkan beberapa penyakit seperti masalah pencernaan, obesitas, usus buntu, ginjal hingga dapat menyebabkan kanker.

Dilansir dari health.com, penelitian menunjukan bahwa junk food menyumbang hampir 50% dari rata-rata asupan kalori harian orang Amerika.

Simak tips agar dapat berhenti mengonsumsi junk food:

1. Masak makanan di rumah

Salah satu alasan orang sering mengonsumsi makanan cepat saji atau junk food karena adanya rasa malas untuk mengolah makanan sendiri. Mulai sekarang cobalah untuk memasak makanan sendiri dirumah sebagai upaya untuk mengurangi ketergantungan pada produk-produk junk food.

Banyak manfaat yang diberikan apabila memasak makanan sendiri yakni dapat terjamin kesehatannya karena memilih sendiri bahan-bahan yang digunakan untuk memasak selain itu terjamin pula kebersihannya.

Penelitian menunjukan bahwa orang yang memasak makanannya sendiri akan lebih banyak mengonsumsi buah dan sayuran sehingga dapat mengurangi konsumsi makanan cepat saji, tidak hanya itu saja orang yang memasak makanan sendiri lebih rendah terkena risiko obesitas dibandingkan orang yang sering makan diluar.

Jika Anda belum terbiasa memasak makanan dirumah, mulailah secara perlahan yakni dengan menyiapkan satu atau dua kali seminggu dirumah dan tingkatkan disetiap minggunya.

2. Makan lebih banyak protein

Pola makan yang sehat akan mempengaruhi kesehatan tubuh, mengonsumsi junk food hanya akan memperburuk kesehatan. Mulai sekarang cobalah ubah pola makan menjadi lebih sehat dengan lebih banyak mengonsumsi banyak protein sebagai upaya untuk mengurangi ketergantungan terhadap makanan cepat saji.

Penelitian menunjukkan bahwa meningkatkan asupan protein menjadi cara yang efektif untuk mengurangi asupan junk food dan mencegah mengonsumsi makanan secara berlebihan yakni dapat terlihat pada orang yang mengikuti diet .

Adapun pada penelitian lain yang dilakukan tahun 2019 menemukan bahwa orang yang mengikuti diet tinggi protein yakni dengan 14% karbohidrat, 58% lemak, dan 28% protein selama empat minggu secara signifikan dapat mengurangi keinginan makan baik makanan manis maupun makanan cepat saji.

3. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup menjadi salah satu cara yang digunakan untuk mendapatkan pola hidup yang sehat, namun adapun manfaat lain yang diberikan yakni dapat membantu menurunkan tingkat keinginan untuk mengonsumsi junk food.

Mulai sekarang cobalah untuk mengatur waktu tidur sebagai upaya yang dilakukan agar tidak ketergantungan dengan makanan junk food, National Sleep Foundation merekomendasikan agar orang dewasa tidur dengan waktu tujuh sampai sembilan jam per malam.

Penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur dan pola tidur yang terganggu dapat meningkatkan asupan kalori secara keseluruhan sehingga akan berdampak pada pola makan yang dijalani yakni lebih mempunyai keinginan untuk ngemil dan mengonsumsi makanan junk food.

4. Kelola stres

Stres yang dialami tidak hanya akan mengganggu kesehatan fisik dan mental saja, namun dapat juga mempengaruhi pilihan makanan yang dikonsumsi.

Orang yang sedang mengalami stres akan mengalami kondisi mental yang tidak stabil sehingga dapat mempengaruhi hormon dalam tubuh, oleh karena itu tidak sedikit dari mereka yang melampiaskannya kepada makanan yakni dengan mengonsumsi makanan yang manis dan cepat saji.

Jika terlalu banyak mengonsumsi makanan cepat saji atau junk akan berdampak negatif pada kesehatan tubuh maka mulai sekarang cobalah kelola stres yang dialami sebagai upaya untuk menurunkan keinginan mengonsumsi junk food.

Cara yang dapat dilakukan untuk mengelola stres yang dialami yakni dengan mediatasi, olahraga, terapi, dan menghabiskan lebih banyak waktu diluar ruangan.

5. Belanja bahan makanan secara teratur

Bahan makanan yang tidak lengkap dirumah menjadi salah satu alasan orang membeli makanan cepat saji atau junk food. Bagi Anda yang ingin berhenti mengonsumsi makanan cepat saji wajib untuk terus memperhatikan stok bahan makanan dirumah agar tidak akan ada alasan untuk membeli junk food.

Mulai sekarang cobalah untuk membuat daftar belanja, hal ini tidak hanya dapat membantu untuk menghindari pembelian yang impulsif akan tetapi juga dapat mengurangi pembelian junk food dengan beralih membeli makanan yang bergizi seperti buah-buahan, sayuran, ikan dan ayam. (Nur Afifah Azahra Aulia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro