Olahraga Yoga/Jibiphoto
Health

Rekomendasi Olahraga agar Tubuh Tak Mudah Lelah saat Mudik

Redaksi
Senin, 25 Maret 2024 - 12:17
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sekitar 2 minggu masyarakat akan memasuki musim mudik. Banyak hal yang perlu disiapkan seperti perlengkapan dan kondisi kendaraan. Tak terkecuali mempersiapkan kondisi tubuh agar tetap fit dan tidak mudah lelah selama perjalanan mudik.

Pemudik membutuhkan tenaga ekstra untuk menempuh perjalanan cukup jauh ditambah kondisi lalu lintas yang akan diprediksi mengalami kemacetan. Apalagi bagi pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi, pastinya harus memastikan kondisi tetap bugar.

Penting bagi pemudik mulai menyempatkan waktu untuk berolahraga agar kondisi tubuh tidak mudah lelah ketika menembus lalu lintas saat mudik. Jika tubuh mudah lelah, tidak menutup kemungkinan waktu tempuh menjadi lebih lama dan dikhawatirkan memicu risiko laka lantas.

Ada beberapa rekomendasi olahraga yang membantu Anda supaya tidak lelah ketika perjalanan mudik.

1. Jogging

Olahraga ini bisa Anda lakukan sebelum berangkat atau setelah bekerja. Menurut American Heart Association, jogging yang merupakan olahraga kardio memberikan manfaat untuk menjaga ketahanan sistem peredaran darah, paru-paru, dan jantung. Jogging juga membantu meningkatkan stamina, di mana hal itu berguna untuk menjaga tubuh agar tidak mudah lelah.

2. Yoga

Dilansir dari dispora.palembang, yoga mempunyai manfaat untuk mengatur emosional dan mental menjadi stabil. Terlebih gerakan yoga mampu meregangkan otot-otot yang tegang, sehingga otot tidak mudah kaku atau pegal ketika menempuh perjalanan mudik. Anda bisa melakukan gerakan yoga selama 15-30 menit, di mana gerakannya bisa Anda saksikan di jejaring media sosial atau mengikuti kelas yoga.

3. Skipping atau lompat tali


Olahraga ini bisa dilakukan di teras rumah Anda. Dilansir dari Cleveland Clinic, menurut Ahli fisiologi olahraga, Katie Lawton, Med mengatakan lompat tali merupakan latihan kardiovaskular yang baik untuk kesehatan jantung, karena bisa membakar 100 kalori selama 10 menit. Melalui olahraga ini membantu menjaga kebugaran tubuh dan siap menerjang perjalanan mudik tanpa mudah merasa lelah.

4. Berenang

Berenang merupakan olahraga air yang digandrungi oleh banyak orang. Hal ini tidak lepas dari manfaatnya untuk menjaga daya tahan tubuh. Menurut catatan Kementerian Kesehatan, berenang secara rutin dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan membakar banyak kalori. Sehingga sirkulasi darah menjadi optimal dan kadar oksigen dalam tubuh tersebar dengan baik. Tak hanya itu, berenang membantu meredakan sakit punggung yang kerap menjadi masalah selama perjalanan mudik.

5. Bersepeda

Menurut ahli terapi fisik dan pelatih triathlon, Bianca Beldini, DPT, seperti yang dilansir dari Everyday Health, bersepeda berguna untuk meredaskan rasa nyeri pada sendi pinggul, lutut, atau pergelangan kaki. Selain itu, massa otot dan tulang berangsur menjadi kuat serta membuat jantung menjadi lebih sehat. Tentunya kesehatan ini memiliki peranan penting agar selama perjalanan, otot atau sendi Anda tidak mudah nyeri.

Anda bisa lakukan aktivitas ini selama 1 jam atau lebih dan usahakan tidak memaksakan diri jika tubuh sudah tidak kuat karena hanya akan menimbulkan masalah kesehatan. (Muhammad Sulthon Sulung Kandiyas)



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro