Seorang ibu sedang menenangkan bayi yang menangis. Baby blues atau sindrom setelah melahirkan merupakan hal umum bagi orang tua baru./vhiblog
Health

10 Tips Memberikan Dukungan Bagi Single Moms

Redaksi
Selasa, 26 Maret 2024 - 20:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Single moms atau ibu tunggal mempunyai beban yang cukup berat dalam merawat dan membesarkan anak untuk itu mereka sangat membutuhkan dukungan dari orang sekitar agar tetap dapat bertahan dalam menjalani kehidupannya.

Merawat dan membesarkan anak sendirian tidak mudah khususnya bagi para ibu tunggal, mereka harus memiliki 2 peran sekaligus dalam menjalani kehidupannya yakni sebagai seorang ibu dan ayah untuk anaknya.

Dilansir dari liveabout.com dan ksl.com, Selasa (26/3/2024), cara terbaik untuk membantu para single moms yakni dengan memberikan dukungan, salah satunya menjadikan mereka sebagai teman. 

Simak 10 tips yang dapat dilakukan dalam memberikan dukungan untuk para single moms:

1. Membantu menjaga anak mereka

Ibu tunggal selalu mengurus segala keperluan mulai dari keperluan rumah tangga hingga keperluan anak dapat membuat mereka merasa lelah akan aktivitas yang dilakukan.

Tidak sedikit dari ibu tunggal yang memiliki ketidakstabilan pada emosinya, dampak paling buruk yang ditimbulkan yakni apabila mereka melampiaskan kepada anaknya maka dari itu dukungan dari luar sangat berarti bagi mereka.

Cara yang dapat dilakukan dalam memberikan dukungan kepada single moms yakni dengan membantu menjaga anak mereka apabila kondisi kesehatan fisik maupun mental mereka sedang dalam keadaan tidak baik.

2. Memperhatikan mereka melalui pertanyaan

Banyak dari para single moms yang tidak memiliki waktu untuk memperhatikan dirinya sendiri, hal ini dapat terjadi karena mereka tidak mempunyai orang yang dapat membantunya sehingga mereka hanya dapat memikirkan anaknya saja.

Pada dasarnya para single moms sangat membutuhkan perhatian agar mereka mendapatkan semangat dalam menjalani kehidupannya, cara yang dapat dilakukan dalam memberikan dukungan kepada single moms yakni melalui beberapa pertanyaan.

Pertanyaan yang diajukan orang lain untuk dirinya dapat membuat mereka merasa bahwa ternyata masih ada orang yang peduli terhadap dirinya dan kehidupannya. Mulai sekarang cobalah menanyakan hal-hal mengenai dirinya sendiri atau anaknya dan tunjukan minat Anda dalam sesi obrolan tersebut.

3. Mengajak mereka berlibur

Menjadi ibu tunggal tentu mempunyai tanggung jawab dan aktivitas yang cukup berat sehingga dapat membuat mereka jauh lebih mudah merasa lelah untuk itu mereka perlu beristirahat sejenak dari segala aktivitas yang dilakukan. 

Cara yang dapat dilakukan untuk mendukung single moms yakni dengan mengajaknya berlibur. Banyak manfaat yang diberikan melalui liburan yang dijalani yakni dapat membuat mereka lebih memperhatikan dirinya sendiri, menciptakan pikiran yang positif, memiliki semangat dan motivasi yang dalam menghadapi kehidupannya.

4. Membantu dalam mengatasi masalah

Menjadi ibu tunggal mengharuskan mereka menghadapi setiap masalahnya sendiri, hal ini terjadi karena mereka tidak memiliki sosok untuk bertukar cerita mengenai masalah yang sedang dihadapi, kondisi tersebut dapat mengganggu kesehatan mentalnya yakni mereka akan lebih mudah mengalami stres.

Dukungan orang lain sangat berarti bagi para ibu tunggal, dukungan yang dapat diberikan tidak hanya melalui materi yakni bisa melalui tindakan seperti membantu dalam mengatasi masalah dengan cara memberikan solusi atas masalah yang dihadapi.

5. Menceritakan hal yang positif tentang anak mereka

Bagi para single moms anak menjadi salah satu alasan mereka tetap bertahan hidup, segala hal akan mereka usahakan agar anaknya mendapatkan kenyamanan untuk itu jika ingin memberikan dukungan kepada mereka dapat dilakukan melalui hal-hal yang bersangkutan dengan anaknya. 

Mulai sekarang cobalah untuk menceritakan hal positif mengenai anak mereka yakni seperti tumbuh kembang yang baik, kepribadian anaknya yang baik, atau hobi dari anak mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro