Produk Skincare hingga Alat Dapur Banyak Diburu Jelang Lebaran, Ini Alasannya/Freepik
Health

Produk Skincare hingga Alat Dapur Banyak Diburu Jelang Lebaran, Ini Alasannya

Redaksi
Rabu, 27 Maret 2024 - 10:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jelang lebaran yang diperkirakan jatuh pada tanggal 10 April membawa dampak positif bagi penjualan skincare, bahan makanan, dan alat dapur. Tren ini diperkirakan terus meningkat sampai puncak lebaran.

Menurut Head of Marketing Guardian Indonesia, Malvin Tarigan tren masyarakat untuk memperindah diri menjelang lebaran jadi alasan utama produk skincare diincar oleh pria maupun wanita.

"Kalau diawal puasa pasti mengenai food, bagaimana persiapan berbuka puasa. Menuju hari raya itu tidak hanya sehat saja tapi harus good skincare. Peningkatan (penjualan) ada diatas normal. Jadi, kalau berbicara trend memang ada peningkatan," kata Malvin, dalam acara buka puasa bersama Hero Group, Selasa (26/3/2024).

Dia menjelaskan pelembap dan suncreen jadi produk yang paling banyak diminati karena memproteksi kulit dari paparan sinar matahari secara langsung. Apalagi saat ini kondisi di siang hari cukup panas.

Malvin menuturkan penjualan produk health & beauty melalui e-commerce berdampak positif terhadap penjualan, hingga produk yang banyak terjual jadi incaran para pelanggan.

Selain skincare, produk kesehatan tak luput dari perhatian pelanggan. Pasalnya, menurut Malvin produk tersebut bermanfaat membantu tubuh tetap terjaga saat berpuasa.

Tak hanya itu, IKEA yang merupakan subholding Hero Group dengan fokus menjual aneka furniture, perabot rumah tangga hingga olahraga juga tidak lepas dari minat para pelanggan.

Apalagi menjelang lebaran banyak sekali orang yang berlombang-lomba mendekorasi rumah untuk memberikan suasana baru menjelang lebaran. IKEA sendiri telah menyiapkan varian khusus bernama Gok Felo, di mana terdapat sentuhan desain Arab yang identik dengan Ramadan.

"Produk-produk kitchen ware, dinner ware, piring, gelas, alat-alat masak itu jadi favorit selama Ramadan," ungkap
Country Marketing Manager IKEA Indonesia, Irfansyah Kurnia Putra.

Kurnia memaparkan traffic penjualan secara online turut mendongkrak penjualan produk IKEA. Bahkan e-commerce atau website milik IKEA berhasil mencuri perhatian jutaan orang untuk bertanksaksi atau sekadar melihat berbagai produk unggulan IKEA.

Di sisi lain, kebutuhan bahan pokok selama Ramadan sampai lebaran berangsur terus meningkat. Hal itu diungkapkan oleh Dewi Mardiana selaku Head of Commercial Hero Supermarket.

Dewi mengatakan masyarakat sangat antusias membeli membeli bahan pokok maupun camilan yang biasanya disajikan saat lebaran.

"Kalau minggu ini pasti tentunya biskuit dan sirup. Tapi kalau di awal Ramadan kurang lebih 40% orang mencari produk yang mudah dimasak dengan cepat. Tapi kalau sekarang pasti untuk lebaran, seperti biskuit, sirup, kurma," jelas Dewi.

Adapun secara keseluruhan peningkatan penjualan belum bisa disampaikan angka pastinya, karena masih masih menunggu penyelesaian dokumen. Hal ini disampaikan oleh Diky Risbianto, Head of Corporate and Consumer Affairs PT Hero Supermarket Tbk (HERO Group)

"Ya ada kenaikan, tapi berapa tingkatan atau presentase-nya kita sampaikan di laporan Q1," pungkas Diky. (Muhammad Sulthon Sulung Kandiyas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro