Ilustrasi ladang gandum/World Economic Forum
Health

Simak 5 Manfaat Konsumsi Oat Saat Puasa

Redaksi
Sabtu, 30 Maret 2024 - 16:12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Oat merupakan makanan sehat dengan berbagai khasiat dan manfaat baik bagi tubuh. Konsumsi oat akan berdampak pada penurunan badan yang sehat dan membuat perut terasa lebih kenyang.

Saat menjalani ibadah puasa, tubuh manusia membutuhkan asupan yang tepat untuk dijadikan sebagai sumber energi. Sementara, tidak semua orang dapat mengonsumsi makanan berat saat sahur maupun berbuka.

Mungkin sebagian dari Anda sedang menjalankan program diet atau sekedar menjaga kondisi berat badan supaya stabil. Salah satu cara dan opsi yang cukup tepat adalah dengan mengonsumsi oat.

Dilansir dari Everyday, Sabtu (30/3/2024), oat memiliki kandungan serat dan nilai karbohidrat yang cukup tinggi. Hal ini yang membuat siapapun yang mengonsumsinya, akan terasa kenyang lebih lama walaupun dikonsumsi dalam jumlah yang sedikit. Maka dari itu, oat merupakan opsi yang tepat untuk menu sahur dan berbuka. 

Manfaat dari mengonsumsi oat saat puasa adalah:

1. Sebagai sumber energi bagi tubuh

Oat memiliki kandungan karbohidrat yang baik bagi tubuh. Konsumsi oat dapat mengganti peran nasi yang dikonsumsi setiap harinya. Peran dari karbohidrat ini yang akan menjadi sumber energi, sehingga tubuh lebih bersemangat dan tidak lemas. 

2. Menjaga berat badan 

Mengonsumsi oat dapat menjaga berat badan supaya tetap stabil, dengan cara mengoptimalkan kandungan serat yang ada di dalamnya. Serat ini yang akan membuat sistem pencernaan lebih lancar dan perut akan terasa lebih kenyang tanpa harus konsumsi makanan lainnya.


3. Menjaga antioksidan pada tubuh

Kandungan polifenol yang terdapat pada oat mampu menangkal segala macam radikal bebas yang dapat memicu masalah pada kesehatan jantung, kulit, dan organ lainnya.

Saat puasa dan kurang menerima asupan, konsumsi oat diperlukan sebagai opsi untuk menangkal radikal bebas yang masuk dan merusak fungsi organ.


4. Melembabkan kesehatan kulit

Konsumsi oat secara rutin dapat menjaga kelembaban kulit. Ketika berpuasa, kulit akan menjadi kering dan membutuhkan cairan atau pelumas berupa lotion untuk menghindari kerusakan pada kulit. Kandungan yang terdapat di dalam oat adalah Glucan yang sangat baik untuk mengatasi skin barrier serta memberi kelembaban pada kulit.


5. Mencegah hipertensi

Oat memiliki kandungan nitric oxide yang sangat baik untuk mengatur proses kerja pembuluh darah secara stabil dan mengurangi risiko terjadinya hipertensi. Manfaat lain dari oat selain mencegah hipertensi adalah mampu menurunkan kadar kolesterol dari tubuh dengan adanya kandungan antioksidan yang ampuh dalam menangkal risiko terjadinya penyakit kronis.

Bagi Anda yang masih ragu untuk mengonsumsi oat, informasi diatas dapat menjadi alasan yang tepat untuk berani dan mencoba mengonsumsi oat setiap harinya. 

Selain membuat perut kenyang lebih lama, oat juga dapat diperkaya dengan kandungan nutrisi dan antioksidan yang mampu menjaga sekaligus mengoptimalkan fungsi kerja organ pada tubuh. (Maharani Dwi Puspita Sari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro