Anak-anak di Papua makan telur rebus dan wafer
Health

Manfaat Telur Rebus untuk Kesehatan

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 30 Maret 2024 - 08:49
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Telur merupakan salah satu protein yang paling gampang diolah salah satunya direbus. Apalagi, telur rebus punya banyak manfaat kesehatan.

Sebagai informasi, satu butir telur hanya mengandung sekitar 72 kalori, tetapi memiliki 6 gram protein berkualitas tinggi.

Telur juga mengandung nutrisi penangkal penyakit seperti lutein dan zeaxanthin. Karotenoid ini dapat mengurangi risiko degenerasi makula terkait usia, penyebab utama kebutaan pada orang dewasa yang lebih tua.

Berikut adalah beberapa contoh manfaat kesehatan dari telur rebus, seperti dikutip dari website Dinkes Aceh

1. Penurunan berat badan

Telur rebus adalah sumber protein tanpa lemak yang sangat baik. Mengonsumsi telur rebus membuat Anda merasa kenyang tanpa terlalu banyak kalori sehingga baik bagi yang ingin menurunkan berat badan.

2. Menguatkan tulang prenatal

Protein dalam telur rebus bekerja seperti vitamin D untuk mendorong perkembangan prenatal. Kandungan ini mendukung pertumbuhan gigi, tulang, dan pertumbuhan umum bayi Anda selama kehamilan.

3. Menjaga fungsi otak

Kolin penting untuk dan pertumbuhan sel. Dan telur rebus bisa menjadi sumber makanan terbaik untuk mendapatkan kolin. Perkembangan otak dan daya ingat dapat ditingkatkan dengan kandungan kolin dalam telur.

4. Menjaga kesehatan mata

Lutein dan zeaxanthin yang terkandung dalam telur rebus memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang membantu menjaga kesehatan mata.

Dengan tingginya manfaat telur rebus itu, tim Kuali Merah Putih, Wafer Tango mendukung kegiatan pemberian telur rebus kepada anak-anak di Distrik Agats, Asmat, Papua Selatan, oleh Komunitas Medis Katolik Indonesia (KMKI).

“Sejak pertengahan Mei tahun 2023, kami dari KMKI melakukan kegiatan pemberian satu telur rebus setiap hari kepada anak-anak di Distrik Agats dengan tujuan untuk membantu mencukupkan kebutuhan protein bagi anak-anak yang berasal dari kalangan keluarga kurang mampu. Orang tua mereka adalah para pekerja urban. Ada lima puluh lebih anak setiap hari, ” ungkap drg. Yenny Yokung Yong,MDSc,SpPerio. Dokter gigi yang telah mengabdi selama lebih dari 17 tahun di Distrik Agats Papua.

Dia mengatakan pemberian telur, terutama telur ayam kepada anak-anak, sangat baik. Karena telur ayam mengandung banyak nutrisi bagi tumbuh kembang mereka.

"Satu telur setiap hari cukup untuk membantu memberikan asupan gizi kepada anak-anak di Distrik Agats ini.” tambah dr. Abed R.Hernando,MSc,SpA, rekan dokter Yenny yang telah mengabdi selama lebih dari 13 tahun di Distrik Agats sebagai dokter spesialis anak.    

KMKI selain memberikan telur rebus juga akan membagikan Wafer dan Susu Tango kepada anak-anak tersebut.

Wafer Tango juga pernah menjalankan program Tango Peduli Gizi Anak Indonesia selama 7 tahun di Kepulauan Nias, Sumatera Utara dan telah membantu mengatasi masalah gizi buruk di sana. 

Harianus Zebua, Head of Corporate and Marketing Communication OT Group, mengatakan salah satu alasan memilih Tanah papua karena selama satu dekade terakhir pemerintah telah berupaya membuka banyak akses menuju Papua, namun tetap saja masih ada wilayah yang tidak mudah dijangkau.

"Tim Kuali Merah Putih yang didukung oleh Wafer Tango telah melakukan aksi berbagi kebahagiaan dengan masyarakat Papua yang sudah dijalankan sejak akhir Januari 2024," paparnya.

Pada akhir Januari 2024, tim Kuali Merah Putih yang didukung oleh Wafer Tango melakukan perjalanan ke beberapa daerah di tanah Papua.

Tim Kuali Merah Putih dipimpin oleh Bobon Santoso yang dikenal sebagai Chef Rakyat Indonesia  melakukan aksi memasak dalam porsi besar dan kemudian dibagikan kepada masyarakat Papua di Merauke, Boven Digoel, Jayapura dan Sorong.

"Tim Kuali Merah Putih mengajak  Wafer Tango berkolaborasi embagikan ribuan paket Wafer dan Susu Tango sebagai pelengkap jamuan makan yang diselenggarakan oleh tim Kuali Merah Putih. Kegiatan ini direncanakan akan berlangsung hingga bulan April 2024 ,” jelasnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro