Telur rebus/diabetesfoundationorg
Health

Ini Manfaat dan Khasiat dari Telur Rebus Bagi Tubuh

Salma Permata Dewi
Senin, 31 Juli 2023 - 22:09
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Telur merupakan bahan baku yang bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan. Telur bisa digoreng, direbus, dipanggang, hingga dibakar.

Selain itu, bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan, telur sendiri juga memiliki banyak jenis. Telur juga kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Telur rebus merupakan salah satu hidangan yang biasanya digunakan untuk diet. 

Dilansir dari WebMD, ada banyak nutrisi dalam telur rebus. Telur rebus lebih baik untuk menghindari bakteri berbahaya seperti salmonella. Selain enak, telur rebus juga mengenyangkan dan baik untuk kesehatan Anda di usia berapa pun.

Telur mengandung nilai biologis tertinggi untuk protein. Satu butir telur hanya mengandung sekitar 72 kalori, 6 gram protein berkualitas tinggi, 5 gram lemak, dan 1,6 gram lemak jenuh. Tidak hanya itu, telur juga mengandung zat besi, vitamin, mineral, dan karotenoid.

Karena telur merupakan sumber lemak jenuh, telur dapat meningkatkan kadar kolesterol. Merebus telur adalah cara sehat dalam menikmati telur karena dapat mempertahankan sebagian besar nutrisinya dibandingkan menggoreng. 

1. Menurunkan berat badan

Telur rebus adalah sumber protein tanpa lemak yang sangat baik. Telur rebus dapat membuat kenyang padahal tidak memiliki terlalu banyak kalori. Telur rebus dapat berguna jika Anda ingin menurunkan berat badan.


2. Menguatkan tulang prenatal

Protein dalam telur rebus juga bekerja bersama vitamin D untuk mendorong perkembangan prenatal. Unsur-unsur ini mendukung gigi, tulang, dan pertumbuhan umum bayi selama kehamilan.


4. Rendah kolesterol 

Putih telur rebus lebih sehat daripada beberapa bentuk lainnya. Anda bisa menikmati makanan rendah kolesterol dengan menikmati putih telur rebus. 


5. Sumber kolin

Kolin penting untuk pemeliharaan dan pertumbuhan sel. Perkembangan otak dan ingatan dapat ditingkatkan dengan kandungan kolin telur.


6. Perlindungan mata

Lutein dan zeaxanthin yang terkandung dalam telur rebus memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang membantu menjaga kesehatan mata.


7. Peningkatan energi mental

Kombinasi elemen sehat seperti protein dan kolin dalam telur rebus membantu otak bekerja, terutama setelah sarapan.


Dilansir dari Healthline, untuk kebanyakan orang dewasa yang sehat, aman untuk makan 1-2 butir telur sehari tergantung pada berapa banyak kolesterol lain yang ada dalam makanan. Jika sudah memiliki kolesterol tinggi atau faktor risiko lain untuk penyakit jantung, sebaiknya tidak makan lebih dari 4–5 butir telur per minggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro