Tips Pilih Tempat Makan yang Ramah Dikantong dan Aman Selama Perjalanan Mudik/Dinda Wulandari
Kuliner

Tips Pilih Tempat Makan yang Ramah Dikantong dan Aman Selama Perjalanan Mudik

Redaksi
Kamis, 4 April 2024 - 17:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Menjelang lebaran beberapa penjual makanan kerap melakukan tindakan licik menaikan harga yang tidak masuk akal.

Apalagi, kualitas dan fasilitas yang diberikan tidak sepadan dari harga yang diberikan. Ini seolah menjadi jebakan bagi pada pemudik.

Padahal, pemudik membutuhkan tempat makan yang memiliki harga ramah di kantong. Mengingat perjalanan mudik sudah membuat pengeluaran jadi membengkak.

Selain harga yang masuk akal, pemudik juga membutuhkan kualitas dari segi kebersihan maupun rasa dari makanan yang disajikan. Hal ini agar tubuh kembali berenergi untuk menghadapi lalu lintas saat mudik.

Oleh sebab itu, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan agar tepat memilih tempat makan, yakni:

1. Perhatikan Kebersihan

Sebelum mengunjungi warung makan, Anda harus memastikan lebih dulu kondisi kebersihan warung.

Bisa dikatakan kebersihan adalah cerminan dari pelayanan yang diberikan sang penjual. Anda bisa memperhatikan bagian lantai, sanitasi, meja, bangku, dan pastikan tidak ada serangga atau hewan yang bisa mengganggu ketika sedang menyantap makanan.

Selain itu, Anda juga harus melihat bagaimana sang penjual menyajikan hidangan.

2. Jangan Sungkan Menanyakan Harga

Banyak sekali warung makan yang tidak mencantumkan harga makanan dan tak jarang para penjual menggentok harga yang tidak masuk akal. Oleh sebab itu, penting untuk menanyakan harga makanan agar kantung Anda tidak jebol. Bukan tidak mungkin Anda merasa kesal ketika sudah terlanjur makan, tetapi malah membuat Anda harus merogoh kocek dalam, terlebih saat rasa dan fasilitas yang diberikan tidak sepadan.

3. Cari Tempat Makan yang Ramai

Enak atau tidaknya tempat makan biasanya bisa dilihat dari jumlah pelanggan yang membeli. Ramainya pelanggan merupakan indikator bahwa warung tersebut mempunyai rasa makanan yang enak dan pastinya ramah dikantong.

4. Jangan Langsung Memesan Banyak

Supaya Anda tidak terlanjur kecewa, cobalah untuk memesan beberapa porsi terlebih dulu sebagai awl mencicipi makanan.

Jika dirasa sesuai ekspektasi, Anda bisa memesan beberapa menu lainnya. Langkah ini juga membuat Anda terhindar dari rasa dan harga makanan yang tidak sesuai ekspektasi.

5. Lihat Ulasan Melalui Google

Cara ini bisa digunakan ketika warung yang Anda ingin kunjungi terdaftar di google atau memang sempat diberikan ulasan oleh beberapa pihak. Komentar tersebut bisa bersifat positif dan negatif. Dengan begini, Anda bisa memutuskan untuk mengunjungi atau tidak tempat makan itu.

6. Tanya Warga Sekitar

Tidak ada salahnya untuk menanyakan ke warga sekitar. Anda bisa menanyakan ke petugas keamanan, penjaga parkir, atau pegawai minimarket tentang warung yang Anda ingin kunjungi. Pastinya ini membutuhkan keberanian lebih dan komunikasi yang baik.

7. Pilih Lokasi yang Aman

Selain bersih, lokasi yang aman juga harus jadi pertimbangan Anda ketika ingin mengunjungi warung makan saat mudik. Pasalnya, Anda tidak mengetahui secara pasti lokasi yang Anda kunjungi aman dari pencurian atau tidak.

Cobalah untuk memilih tempat makan yang memiliki petugas keamanan, walaupun tidak menjamin sepenuhnya, setidaknya cara ini bisa meminimalisir tindak kejahatan. Selain itu, usahakan kendaraan Anda terlihat dengan baik dari tempat duduk makan Anda.

8. Pilih Tempat Makan yang Terkenal

Cara ini bisa Anda cari melalui ulasan google atau memang sudah memiliki nama yang dikenal banyak orang.Memilih tempat makan yang sudah terkenal juga memudahkan Anda untuk memutuskan berkunjung, sehingga tidak perlu pusing mencari tempat makan. (Muhammad Sulthon Sulung Kandiyas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro