Seseorang sedang menggaruk kulit tangan karena gatal/Bloomberg
Health

Ini Cara Ampuh Mengatasi Scabies Pada Kulit

Redaksi
Jumat, 5 April 2024 - 08:14
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penyakit scabies atau yang dikenal dengan kudis ini adalah penyakit pada kulit yang berasal dari bakteri, jamur, dan kutu yang hinggap pada area kulit.

Scabies menyebabkan ruam disekujur tubuh dan rasa gatal yang muncul saat waktu tidur. Intensitas rasa gatal yang sering muncul yaitu di area sela-sela jari manusia. Scabies tidak dapat dibasmi dengan cara yang ringan, melainkan harus dilakukan pengobatan secara tepat, untuk membasmi penyakit tersebut hingga ke akar-akarnya.

Dilansir dari my.clevelandclinic.org, Jumat (5/4/2024) penyakit scabies dapat menular secara cepat kepada orang-orang yang berada di sekitar. Penyakit ini biasanya sering diidap oleh yang tinggal di tempat yang ramai seperti penjara, asrama, dan pesantren.

Jenis-jenis scabies yang menular:

1. Nodular

Jenis ini merupakan hal yang paling umum dan mempengaruhi anak-anak, alat kelamin, ketiak, dan area tertutup lainnya.

2. Crusted 

Jenis ini menyerang kepada orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, dan membentuk area ruam yang menutupi kulit.

Berdasarkan jenis tersebut, penanganan scabies harus dilakukan secara tepat dan ampuh. Untuk itu, berikut adalah tips ampuh mengatasi scabies adalah:

1. Konsultasi melalui dokter

Konsultasi ke dokter dilakukan untuk mengetahui diagnosa secara mendalam dan jenis pengobatan yang dapat dilakukan. Anda harus mengetahui secara jelas terkait scabies, dan mengikuti seluruh anjuran dokter dengan benar.

                                                      

2. Menggunakan salep khusus

Salep membantu Anda dalam mengatasi scabies pada kulit. Pemberian salep ini dilakukan atas saran dokter, dan petunjuk pemakaian yang tepat sesuai dosisnya.

Anda dapat menggunakan salep tersebut di area yang gatal selama 8-14 jam. Setelah itu, Anda harus mencuci badan tersebut di pagi hari. Anda harus mengikuti arahan tersebut sesuai dokter, untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 

Jenis salep yang dapat digunakan adalah:

· Salep belerang

· Krim crotamiton

· Krim permetrin 5%

· Krim benzil benzoat

3. Konsumsi obat-obatan yang tepat

Konsumsi obat-obatan yang tepat, akan mempengaruhi kesembuhan dari dalam. Maka dari itu, Anda harus mengonsumsi obat yang tepat dan direkomendasikan oleh tenaga kesehatan untuk mengatasi scabies.

Anda direkomendasikan mengonsumsi ivermectin yang merupakan salah satu obat umum untuk mengatasi scabies. Ivermectin merupakan obat pil anti parasit yang diberikan dalam dosis tunggal, yang diikuti oleh dosis kedua dalam kurun waktu 1-2 minggu. Anak-anak yang memiliki berat badan kurang dari 15 kg dan ibu hamil, tidak diperbolehkan konsumsi obat tersebut. 


Jenis obat lain yang dapat dikonsumsi adalah:

· Antihistamin, untuk mengatasi rasa gatal.

· Krim steroid,untuk mengatasi kemerahan dan bengkak pada area kulit.

· Antibiotik, jika memiliki infeksi pada kulit.

Tips ampuh mengatasi scabies tersebut tentunya disesuaikan dengan berbagai pengobatan yang disampaikan langsung oleh tenaga kesehatan. Semua jenis obat dan cara pemakaiannya disesuaikan dengan dosis dan kebutuhan pribadi. Anda dapat melakukan konsultasi yang tepat, lalu menerapkan ritme pengobatan apa yang dilakukan.

Karena scabies berasal dari serangga kutu disertai dengan bakteri dan jamur, maka dari itu Anda harus menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Rajin-rajinlah membersihkan rumah, serta gunakan barang secara terpisah dengan orang lain. Hal ini diperlukan supaya scabies tidak mudah menyebar, dan dapat diatasi dengan baik. (Maharani Dwi Puspita Sari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro