Ilustrasi anak kecil dengan smartphone/flickr
Health

8 Tips Parenting Untuk Mengatasi Anak yang Kecanduan Bermain Gadget

Redaksi
Jumat, 5 April 2024 - 09:17
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak anak di Indonesia yang mengalami kecanduan bermain gadget dan bisa mengalami dampak negatif bila dibiarkan menggunakan smartphone terlalu lama.

Peran orang tua sangat dibutuhkan dalam memberikan arahan agar anak tidak mengalami kondisi ini. Perkembangan teknologi yang tidak disikapi dengan baik, maka akan memberikan dampak negatif bagi anak-anak.

Dilansir dari becomingminimalist.com dan innovativelearningcenter.co.id, banyak dampak negatif yang akan dialami anak-anak apabila kecanduan gadget yakni seperti mengurangi kualitas percakapan, menarik diri dari lingkungan, pelupa, mudah cemas, sulit dalam menyelesaikan masalah, pola tidur terganggu, emosional tidak stabil hingga depresi.

Simak tips parenting mengatasi anak yang kecanduan gadget:

1. Memberikan contoh

Pada dasarnya anak adalah peniru yang handal untuk itu tips yang dapat dilakukan dalam upaya mengatasi anak yang kecanduan gadget yakni dengan memberikan contoh kepada mereka.

Mulai sekarang cobalah untuk tidak bermain gadget dalam jangka waktu yang lama didepan anak agar mereka juga turut mengikuti apa yang dilakukan dan alihkan perhatian anak dengan melakukan kegiatan positif bersama mereka yakni seperti membaca buku, bersepeda, menggambar, memasak, berkebun, menghias rumah, atau bermain permainan yang mereka sukai.

2. Membuat aturan pemakaian

Bagaimanapun anak juga perlu mengetahui dan mempelajari teknologi yang ada seperti gadget agar mereka tidak ketinggalan teknologi. Namun perlu diingat dan wajib dilakukan bagi para orang tua yakni membuatkan aturan pemakaian, hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mengatasi dan menghindari penggunaan gadget yang berlebihan pada anak.

Mulai sekarang cobalah membuatkan aturan tersebut, dilansir dari parenting.firstcry.com yakni untuk anak dibawah 18 bulan tidak akan mendapatkan pemakaian gadget kemudian bagi anak yang berusia 2-5 tahun dapat memakai gadget dalam waktu 1 jam per hari lalu untuk anak usia diatas 5 tahun dapat menggunakannya tidak lebih dari 2 jam dalam sehari dan jangan biarkan anak untuk bermain gadget lebih dari 2-3 jam per hari.


3. Disiplin dalam aturan

Jika sudah membuat aturan pemakaian maka langkah selanjutnya yakni disiplin dalam aturan yang telah dibuat. Jangan pernah membiarkan anak melanggar aturan yang dibuat meskipun mereka meminta secara terus-menerus.

Jika anak-anak dikasih kelonggaran anak akan mempunyai pikiran bahwa mereka bisa mendapatkan apa yang dimau hanya dengan memintanya secara terus-menerus, mungkin awalnya akan terasa sulit menghadapinya tetapi harus diingat bagi orang tua bahwa semua bisa karena sudah terbiasa. Jadi mulai sekarang cobalah untuk tetap disiplin dalam aturan yang dibuat kepada anak.

4. Hindari memberikan gadget agar anak tenang

Banyak orang tua yang dengan mudahnya memberikan gadget kepada anak saat ingin menyelesaikan pekerjaannya, memberikan gadget kepada anak dalam kondisi seperti ini hanya akan membuat mereka semakin kecanduan dalam menggunakan gadget.

Cara yang dapat orang tua lakukan dengan menanyakan terlebih dahulu apa yang ingin mereka lakukan saat orang tuanya menyelesaikan pekerjaannya, tindakan ini bukan hanya dapat mengatasi kecanduan gadget pada anak akan tetapi dapat menjadi cara agar anak bisa belajar mengutarakan apa yang mereka inginkan.

5. Memuji setiap kegiatan yang dilakukan anak

Ketika anak telah menyelesaikan kegiatan pujilah mereka atas usaha yang telah dilakukan meskipun mereka gagal dalam melakukannya dan berikan penghargaan seperti mengajak ke restoran favoritnya atau membelikan buku yang diinginkan, hal ini akan mendorong anak untuk termotivasi agar terus bangkit saat mengalami kegagalan dan membuat mereka merasa bahwa usaha yang telah dilakukan tidak sia-sia sehingga mereka tidak melampiaskan kegagalannya kepada kegiatan lain seperti bermain gadget.

6. Jangan memberikan akses penuh

Kemudahan akses dalam menggunakan teknologi akan meningkatkan kecanduan bagi anak untuk itu jangan memberikan akses penuh kepada mereka.

Mulai sekarang cobalah untuk menempatkan perangkat digital seperti TV atau komputer di ruang tamu, tindakan ini akan membantu orang tua dalam melakukan pengawasan kepada anak dan jangan serahkan gadget sepenuhnya agar anak dapat meminta izin terlebih dahulu jika ingin menggunakannya sehingga dapat membantu mereka untuk tetap disiplin dalam pemakaian.

7. Buatkan area bebas gadget

Upaya yang dapat dilakukan dalam mengatasi kecanduan gadget pada anak yakni dengan membuat area bebas gadget dengan menentukan area dalam rumah yakni seperti hanya di ruang tamu saja yang dibolehkan untuk pemakaian gadget. Dibuatnya area ini akan membantu anak untuk lebih disiplin dalam pemakaian gadget dan mempermudah pengawasan durasi waktu yang telah ditetapkan orang tua .

8. Mengajarkan anak untuk bersabar dan menahan diri

Orang tua dapat mengatasi kecanduan gadget pada anak dapat dilakukan dengan cara mengajarkan kepada mereka bersabar dan menahan diri. Tindakan ini memang tidak mudah dilakukan untuk itu ketika anak sudah berhasil menahan dirinya untuk tidak bermain gadget sebelum waktunya, berikanlah pujian kepada mereka hal ini akan membuat anak merasa bahwa orang tuanya juga menghargai usaha yang dilakukan. (Nur Afifah Azahra Aulia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro