Pengunjung bertamasya di Taman Satwa Cikembulan di Kabupaten Garut, Jawa Barat saat momen Libur Lebaran 2024. JIBI/Haqim Baihaqi
Travel

Libur Lebaran, Taman Satwa Cikembulan Garut Diserbu Pengunjung

Hakim Baihaqi
Senin, 15 April 2024 - 12:31
Bagikan

Bisnis.com, GARUT - Taman Satwa Cikembulan di Kabupaten Garut, Jawa Barat mengalami lonjakan pengunjung pada libur Hari Raya IdulFitri 1445 H. Selama libur tersebut, setiap harinya objek wisata ini menerima kunjungan lebih dari 2.000 orang.

Penanggung Jawab Taman Satwa Cikembulan Wili Ariesta mengatakan, jumlah penumpang yang datang ke objek wisata edukasi satwa ini lebih banyak dibandingkan libur Lebaran tahun sebelumnya. Puncak kunjungan pun terjadi pada Sabtu (13/4/2024).

"Meskipun liburnya hanya enam hari saja, tapi kunjungannya lebih banyak daripada tahun sebelumnya," kata Wili di Kabupaten Garut, Senin (15/4/2024).

Di Taman Satwa Cikembulan, kata Wili, ada koleksi satwa yang cukup beragam dan menarik minat pengunjung. Beberapa koleksi di antaranya jenis ular, burung, kera, rusa, kemudian beruang, singa, macan, harimau, dan satwa liar lainnya.

Selain itu, pengunjung berkesempatan memberi pakan langsung kepada rusa, selain itu bisa menyaksikan langsung petugas memberi pakan kepada singa.

"Ada spot pengunjung 'selfie' di kawasan kandang rusa, ada jam kasih makan singa. Pengunjung juga bisa nostalgia melihat desain dapur tempo dulu," katanya.

Agus, salah satu wisatawa, mengatakan taman tersebut menjadi tempat wisata favorit saat mudik ke Kabupaten Garut. Koleksi satwa yang dimilikki pengelola pun tidak kalah dengan kebun binatang di Kota Bandung maupun Kabupaten Bandung Barat.

Selain harga tiket yang terjangkau, akses menuju lokasi pun sudah baik, karena ada jalur Lingkar Kadungora yang baru saja diselesaikan oleh pemerintah daerah.

"Pelayanannya juga bagus, yang terpenting tidak ada pungli parkir liar mahal seperti di Kota Bandung," kata Agus.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut Luna Aviantrini mengatakan, sejumlah tempat wisata di Garut pada momentum libur Lebaran cukup ramai.

Pihaknya mengharapkan pengunjung tempat wisata mampu menikmati berbagai destinasi wisata yang dikelola swasta maupun pemerintah.

"Baik dikelola swasta dan pemerintah, tentunya saya berharap para pengunjung merasa aman dan nyaman selama berwista di Garut," kata Luna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro