Olahraga menjadi cara baik untuk menjaga kesehatan hati/Ilustrasi
Health

Tips Menjaga Kesehatan Liver Dengan Baik

Redaksi
Rabu, 17 April 2024 - 17:00
Bagikan

4. Berolahraga

Berolahraga secara rutin minimal 3 kali dalam seminggu atau melakukan aktivitas fisik selama 30 menit dalam sehari. Tubuh Anda sangat memerlukan pergerakan untuk melancarkan sistem peredaran darah, fungsi organ, peregangan otot, dan lainnya yang dapat menunjang kesehatan. 

Hal ini yang membuat sistem organ terutama liver dapat terjaga dengan baik dan bekerja sesuai fungsinya.


5. Melakukan vaksinasi

Vaksinasi merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh banyak orang untuk terhindar dari penyakit kronis. Vaksin yang tepat untuk mencegah terjadinya gangguan pada liver adalah Hepatitis A dan B. Anda dapat menjangkau vaksin tersebut di fasilitas kesehatan seperti puskesmas maupun rumah sakit.


6. Menjaga hidrasi

Tubuh manusia membutuhkan air minum sebanyak 2 liter dalam sehari. Jika kekurangan cairan maka tubuh akan mengalami dehidrasi yang cukup akut dan mengganggu kerja liver. Kondisi akan membuat tekanan darah dan kadar oksigen di dalam tubuh menurun akibat volume darah berkurang.

Maka dari itu diperlukan konsumsi air putih yang cukup setiap harinya sebanyak 8 gelas atau setara dengan 2 liter per hari. Kurangi minuman lain yang mengandung kafein atau soda, demi menjaga kesehatan dalam tubuh Anda. (Maharani Dwi Puspita Sari)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro