Menyikat gigi. /Sheknows
Health

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Redaksi
Kamis, 18 April 2024 - 20:17
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Gigi merupakan aset yang dimiliki oleh manusia dalam kehidupan sehari. Memiliki gigi yang sehat, putih, dan alami merupakan impian bagi semua orang. 

Ketika bertemu orang, reaksi pertama yang dilihat saat berbicara tentunya adalah gigi. Bagaimanapun gigi akan terlalu terlihat dan menjadi pandangan seseorang terhadap kepribadian orang lain. Setiap orang penting merawat kesehatan gigi setiap hari.

Untuk menciptakan gigi yang sehat dan putih alami, tidak harus mengeluarkan banyak biaya. Anda hanya cukup menggunakan bahan alami yang ada di sekitar, untuk menggunakannya. 

Ada beberapa cara yang dapat dicoba untuk menghasilkan gigi yang putih secara alami. Dilansir dari timesofindia.indiatimes.com, cara tersebut adalah:

1. Menggunakan minyak kelapa

Minyak kelapa dapat digunakan untuk memutihkan gigi secara alami. Cara ini banyak digunakan oleh masyarakat India dengan cara meratakan satu sendok teh minyak kelapa pada area gigi. Tunggu selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air.

Minyak kelapa ini memiliki fungsi mencegah berbagai pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan gigi berlubang. Jadi selain memutihkan, minyak kelapa dapat menjaga gigi Anda dari serangan bakteri yang berbahaya.

2. Berkumur menggunakan cuka apel

Cuka apel memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Jika Anda yang sering mengonsumsi kopi, teh, alkohol, dan sebagainya, dapat menggunakan cuka apel untuk berkumur sesuai waktu yang tepat.

Cukup gunakan cuka apel untuk berkumur selama 30 detik, maka segala noda yang kotor akan terangkat dan membuat gigi lebih putih dari sebelumnya. Penggunaan cuka apel tidak boleh dilakukan secara berlebihan, karena akan mengikis bagian gigi lainnya.

3. Menggunakan charcoal atau arang

Charcoal merupakan salah satu bahan yang paling banyak digunakan dalam setiap formula pasta gigi. Khasiat dari charcoal yang membuat gigi putih secara alami sudah dibuktikan oleh banyak orang.

Arang aktif yang bekerja dapat menarik dan mengangkat segala zat sisa-sisa yang kotor pada gigi. Penggunaan charcoal secara langsung tidak boleh digunakan secara sering, tetapi jika menggunakan suatu produk yang menggunakan bahan dasar charcoal, Anda dapat menggunakannya setiap hari.

4. Menggunakan soda kue

Soda kue memiliki manfaat yang cukup baik untuk memutihkan gigi. Cukup larutkan sekitar 1 sendok teh, dan larutkan dalam campuran air. Tahap selanjutnya adalah menyikat gigi dengan pasta yang biasa digunakan. Jika sudah silahkan berkumur menggunakan air yang telah dicampur dengan soda kue tersebut.

Anda cukup gunakan soda kue ini selama satu kali dalam seminggu untuk hasil yang lebih optimal. Nantinya, gigi Anda akan lebih memutih karena segala kotoran, dan noda yang terdapat di dalam gigi akan terangkat.

5. Menggunakan garam

Pasta gigi yang dibuat dengan bahan dasar garam, berguna sebagai antiseptik ringan untuk memelihara kesehatan mulut dan gigi. Jika tidak memiliki pasta gigi yang berbahan dasar garam, silahkan gunakan garam halus untuk membersihkan area gigi tersebut.

Campurkan sedikit garam diatas pasta gigi yang akan digunakan, laku bersihkan gigi selama 1-2 menit hingga bersih, setelah itu bilas menggunakan air. Penggunaan garam dengan pasta gigi seperti ini, sebaiknya tidak dilakukan setiap hari, supaya gigi dan gusi Anda tidak mudah rusak.

Kelima cara tersebut dapat Anda coba sesuai dengan kebutuhan dan kesediaan bahan yang terdapat di rumah. Gunakan sesuai takaran waktu, dan jangan lupa untuk menjaga kesehatan gigi setiap harinya. 

Untuk menciptakan gigi yang putih alami, perlu didukung dengan seberapa banyak konsumsi makanan serta minuman yang tidak dapat mengganggu kesehatan gigi. Maka dari itu, hindari minuman serta makanan yang dapat menimbulkan noda berlebih pada area gigi. (Maharani Dwi Puspita Sari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro