Ilustrasi-Kebaya/JIBI-Desi Suryanto
Fashion

Pahami Sejarah Kebaya Seiring Perkembangan Zaman

Redaksi
Sabtu, 20 April 2024 - 17:54
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menyambut hari Kartini, kebaya masuk dalam pencarian terbaruk di Google Trend. Kini kebaya menjadi ciri khas perempuan Indonesia yang diakui oleh mata dunia.

Kebaya berasal bahasa Arab yang berarti Abaya atau pakaian. Kebaya menjadi daya tarik dan salah satu kebudayaan yang tidak pudar pada setiap zaman. Awalnya, pakaian tradisional ini banyak digunakan oleh perempuan di sekitar Jawa.

Dilansir dari Seasia.co, Sabtu (20/4/2024)Kerajaan Majapahit menjadi tempat munculnya kebaya pada abad ke-15 dan ke-16. Bentuk awal mula dari kebaya sama persis dengan pakaian yang digunakan oleh wanita portugis yang tiba di Selat Malaka dari Sumatera Barat laut Indonesia.

Pada masa itu, kebaya banyak digunakan oleh bangsawan. Tidak semua orang dapat mengenakan busana kebaya setiap harinya, melainkan digunakan pada perayaan tertentu saja. Memasuki abad ke-17 dan ke-19, baru semua masyarakat dapat menggunakan kebaya dalam kegiatan sehari-hari.

Abad ke-17 dan 19 dibarengi dengan hubungan diplomatik dan politik yang kian membaik. Hal ini yang menyebabkan penggunaan kebaya merebak hingga wilayah Sulawesi, Bali, Sulu, dan lainnya. 

Kebaya juga dipengaruhi oleh unsur budaya China dan Arab. Identik dengan lengan panjang dan bagian kerah yang terbuka, merupakan kombinasi yang khas dari kebaya.

Hingga saat ini penggunaan kebaya banyak digunakan dari kalangan muda hingga orang dewasa. Kebaya disandingkan dengan kain lilit batik yang melingkar di sekitar tubuh.

Kebaya selalu dikaitkan dengan perkembangan zaman yang kian berkembang. Semakin maju dunia fashion di Indonesia, maka semakin berkembang pula jenis kebaya yang dihasilkan. Kebaya modern menjadi salah satu bukti bahwa penggunaannya tidak luput oleh zaman.

Pelestarian kebaya ini sempat dimeriahkan oleh acara “Istana Berkebaya” yang menghasilkan busana kebaya asli Indonesia dari bentuk tradisional hingga modern. Acara ini menjadi bukti sekaligus mewujudkan keindahan kebaya khas Indonesia yang dapat disajikan oleh wanita-wanita hebat di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro