Seorang perempuan yang  bahagia/Freepik.
Health

Tips Sehat, Rayakan Hari Kesehatan Perempuan 28 Mei

Novita Sari Simamora
Selasa, 28 Mei 2024 - 08:58
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Hari Kesehatan Perempuan dirayakan setiap 28 Mei 2024. Tujuannya, untuk mengedukasi perempuan tentang kesehatan dan hak yang harus diperoleh.

Setiap perempuan harus peduli dengan kesehatan fisik dan mental. Hal yang wajib dilakukan untuk menjaga kesehatan yakni mengonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi.

Selain itu, perempuan yang sehat juga sebaiknya memiliki tulang yang sehat. Kulit bersih dan rutin melakukan perawatan diri agar tetap waras.

Simak tips sehat dan cara menjaga kesehatan bagi perempuan:

1. Jaga kesehatan tulang

Untuk menjaga kesehatan tulang, Anda memerlukan pola makan seimbang yang tinggi kalsium dan vitamin D. Untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan vitamin D harian, sertakan produk susu, sayuran berdaun hijau, makanan yang diperkaya, dan suplemen sesuai kebutuhan.

Diet protein yang cukup juga diperlukan untuk menjaga massa otot dan kepadatan tulang. Kombinasi dinamis kalsium dan vitamin D bertanggung jawab untuk mempertahankan kekuatan tulang.

Bahan penyusun tulang adalah kalsium, dan penyerapan kalsium difasilitasi oleh vitamin D. Usahakan asupan kalsium harian dari sumber makanan seperti susu, sayuran berdaun hijau, dan makanan yang diperkaya setidaknya 1.000 mg untuk wanita berusia 30-an. Selain itu, pastikan Anda mendapatkan cukup vitamin D dari paparan sinar matahari.

2. Olahraga teratur dan yoga

Aktivitas menahan beban yang meningkatkan pertumbuhan tulang dan menjaga kepadatan tulang termasuk menari, jogging, jalan kaki, dan latihan kekuatan.

Untuk menjaga kesehatan tulang, cobalah melakukan olahraga intensitas sedang setidaknya 30 menit hampir setiap hari dalam seminggu. Memasukkan aktivitas keseimbangan dan fleksibilitas seperti yoga akan lebih meningkatkan kesehatan fisik.

Perempuansedang olahraga lari
Perempuansedang olahraga lari

3. Gaya hidup sehat

Penting bagi kesehatan tulang untuk tidak merokok dan penggunaan alkohol dalam jumlah besar. Alkohol dapat menghambat produksi tulang dan meningkatkan risiko patah tulang, sedangkan merokok menghambat penyerapan kalsium.

Untuk menunjang kesehatan tulang secara umum, pastikan Anda cukup tidur, mengendalikan stres, dan menjaga berat badan yang sehat.

4. Pemeriksaan kepadatan tulang secara teratur

Osteoporosis biasa saja menyerang  saat usia muda, maka kepadatan tulang Anda harus dievaluasi sejak dini, terutama jika Anda memiliki faktor risiko termasuk berat badan rendah, riwayat patah tulang, atau riwayat penyakit dalam keluarga.

Bicarakan tentang tes kepadatan tulang dan tindakan pencegahan apa pun yang diperlukan dengan dokter atau ahli ortopedi Anda.

5. Perubahan hormon

Perubahan hormonal dapat mempengaruhi kesehatan tulang, terutama pada masa perimenopause. Penurunan kadar estrogen dapat mempercepat pengeroposan tulang karena berperan penting dalam menjaga kepadatan tulang.

Selalu beri tahu dokter Anda tentang perubahan apa pun pada kadar hormon Anda dan komunikasikan masalah yang mungkin Anda alami.

6. Skincare

Lakukan perawatan kulit agar tetap cantik dan bersih sepanjang hari. Gunakan sunscreen dan serum yang agar kulit perempuan tetap terjaga.

7. Manjakan Diri

Jangan lupa untuk memanjakan diri sendiri. Saat sudah menikah, banyak perempuan lupa memanjakan diri sendiri dan ini bisa menyebabkan stres. Meditasi, self-care and pamper, sangat penting bagi kesehatan mental peremuan. Janga

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro