Seorang sedang kelelahan/cleveland clinic
Health

Berbagai Manfaat Magnesium, Perlukah Minum Suplemen?

Mutiara Nabila
Sabtu, 1 Juni 2024 - 08:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Setiap harinya tubuh perlu asupan nutrisi. Salah satu yang terpenting adalah magnesium, namun perlukan mengonsumsi suplemen?

Anda mungkin pernah mendengar desas-desus seputar magnesium. Baik terkait dengan klaim bahwa magnesium dapat meningkatkan kualitas tidur atau membantu memperlancar buang air besar, magnesium semakin menjadi sorotan selama beberapa tahun terakhir. 

Tapi apa itu magnesium, dan apa saja manfaatnya bagi tubuh? 

Magnesium adalah nutrisi penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, terutama untuk jantung, otot, dan saraf. Namun, sayangnya, banyak orang yang mengonsumsi magnesium kurang dari yang direkomendasikan.

Melansir EatingWell, magnesium adalah mineral penting yang ditemukan di seluruh tubuh dan juga secara alami ditemukan di banyak makanan. Mineral ini sangat penting untuk banyak fungsi dalam tubuh dan berperan dalam segala hal mulai dari kesehatan tulang hingga fungsi saraf kata ahli diet yang berbasis di NJ Erin Palinski-Wade.

Mineral ini bekerja dengan lebih dari 300 enzim berbeda di dalam tubuh untuk menjalankan fungsi penting seperti produksi protein dan energi, fungsi otot dan saraf, pengaturan tekanan darah dan kontrol glukosa darah, membantu mengatasi tekanan darah tinggi dan manajemen diabetes.

Palinski-Wade menambahkan bahwa magnesium juga membantu mengontrol kadar kalsium dan vitamin D, yang penting untuk pembentukan tulang yang sehat. 

Magnesium juga merupakan elektrolit yang bekerja bersama dengan natrium, kalium, fosfor, klorida, dan kalsium. Elektrolit membantu memindahkan nutrisi ke dalam sel untuk mengaktifkan fungsi seperti impuls saraf, kontraksi otot, dan detak jantung, serta membantu mengatur keseimbangan cairan dan memastikan hidrasi yang tepat.

Berbagai Manfaat Magnesium

Magnesium memiliki banyak fungsi dalam tubuh. Berikut adalah beberapa dampak positif magnesium terhadap kesehatan Anda secara keseluruhan. 

1. Dapat Membantu Mengelola Tekanan Darah

Magnesium berperan dalam detak jantung kita, jadi mengonsumsi jumlah yang cukup dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi dan menurunkan risiko penyakit jantung. 

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa suplementasi magnesium dapat membantu menurunkan tekanan darah tetapi hanya dalam jumlah kecil.

Adapun, berdasarkan penelitian yang sudah ada menunjukkan hubungan antara suplementasi magnesium dan tekanan darah diastolik yang lebih rendah, namun hanya sekitar 2 mmHg.

Meskipun demikian, beberapa penelitian menunjukkan bahwa suplementasi magnesium pada orang dewasa yang lebih tua mungkin bermanfaat untuk menjaga tingkat tekanan darah tetap terkendali.

2. Dapat Mengurangi Risiko Diabetes Anda

Magnesium membantu metabolisme glukosa, dan oleh karena itu, membantu mendukung kadar gula darah yang sehat dan mengurangi risiko diabetes. 

Selain itu, penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi cukup magnesium setiap hari mengurangi tekanan darah, hiperglikemia (kadar gula darah tinggi) dan hipertrigliseridemia (kadar trigliserida tinggi), yang dapat memperbaiki sindrom metabolik dan membantu mengelola diabetes.

3. Mendukung Kesehatan Tulang

Karena magnesium membantu mengatur kalsium dan vitamin D dalam tubuh, magnesium juga berperan penting untuk kesehatan tulang dan nutrisi utama dalam mencegah keropos tulang dan osteoporosis.

Pada sejumlah studi juga menemukan ada hubungan positif antara asupan magnesium dan kepadatan mineral tulang pada pria dan wanita, yang berarti Anda akan memiliki tulang yang lebih kuat dan kecil kemungkinannya untuk rapuh. 

4. Mungkin Meningkatkan Kualitas Tidur  

Meningkatkan kualitas tidur adalah salah satu manfaat magnesium yang paling dipuji di dunia kesehatan. Meskipun beberapa penelitian menunjukkan bahwa magnesium dapat meningkatkan kualitas tidur, diperlukan lebih banyak penelitian untuk mendukung klaim tersebut. 

Namun, magnesium yang cukup dapat membantu pengaturan suasana hati, yang merupakan fungsi penting untuk kesehatan dan kebugaran secara keseluruhan. Oleh karena itu, Anda mungkin bisa tidur lebih nyenyak dengan lebih sedikit mengalami stres dan kecemasan.

5. Manfaat untuk Kesehatan Jantung

Magnesium adalah nutrisi penting untuk kesehatan jantung Anda. Palinski-Wade mengatakan bahwa magnesium dapat membantu menjaga irama jantung yang teratur. 

 Hal ini karena magnesium berperan dalam transpor aktif ion kalsium dan kalium melintasi membran sel, sehingga menstabilkan ritme jantung.

6. Dapat Mengurangi Peradangan

Magnesium adalah antioksidan, dan mencukupi kebutuhannya dapat membantu menurunkan peradangan kronis di tubuh, yang dapat membantu segala hal mulai dari umur panjang hingga pengelolaan berat badan yang sehat dan risiko penyakit kronis. 

Beberapa penelitian menemukan bahwa suplementasi magnesium dapat secara signifikan membantu mengurangi penanda peradangan di tubuh.

7. Bisa Melawan Migrain

Migrain adalah salah satu jenis sakit kepala yang paling umum dan dianggap sebagai kelainan neurologis. Orang yang menderita migrain juga mengalami gejala tambahan seperti mual, muntah, dan kepekaan terhadap cahaya, suara, dan bau. 

Beberapa penelitian menunjukkan manfaat yang menjanjikan dari penggunaan magnesium untuk membantu mengobati dan mencegah migrain. Namun, diperlukan lebih banyak bukti untuk membuktikan hal ini.

Selain itu, kekurangan magnesium dapat memicu sakit kepala, yang dapat meningkatkan risiko untuk mengalami migrain. 

Sumber Makanan Mengandung Migrain

Magnesium secara alami dapat ditemukan dalam makanan dan berlimpah dalam sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, polong-polongan, biji-bijian dan banyak lagi. Berikut adalah beberapa sumber utama magnesium:

 1. Biji labu

 2. Biji chia

 3. Almond

 4. Bayam

 5. Kacang mede

 6. Kacang tanah

 7. Susu kedelai

 8. Kacang hitam

 9. Edamame

 10. Kentang

 11. Nasi merah

 12. Yoghurt tawar

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro