Terapi ikan/sumedangkab.go.id
Health

Khasiat Terapi Ikan, Salah Satu Ciri Khas Pengobatan Warga India

Redaksi
Jumat, 14 Juni 2024 - 16:04
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Di India, banyak warga yang melakukan terapi kesehatan secara rutin, salah satunya berupa terapi ikan.

Terapi ikan dikenal sebagai ichthyotherapy, yang merupakan salah satu jenis metode kesehatan yang dilakukan dengan memanfaatkan ikan-ikan kecil yang terdapat di dalam kolam.

Setiap tahunnya, warga India akan mendatangi keluarga Bathini Goud untuk mendapatkan pengobatan terapi ikan secara turun temurun.

Ikan yang digunakan untuk terapi ini biasanya jenis garra rufa atau yang dikenal dengan ikan dokter. Ikan tersebut berasal dari Timur Tengah dan memiliki kemampuan alami untuk memakan kulit manusia tanpa merusak jaringan yang sehat. Praktik terapi ikan pertama kali ditemukan di Turki pada awal abad ke-19.

Pada saat itu, banyak masyarakat yang menderita penyakit kulit seperti psoriasis dan eksim. Melalui jalan alternatif, masyarakat memanfaatkan terapi ikan sebagai pengobatan untuk mengatasi penyakit tersebut.

Saat ini terapi ikan telah banyak digunakan oleh masyarakat Asia sebagai media pengobatan, kecantikan, dan sebagainya.

Dilansir dari fastercapital.com, berikut khasiat dari terapi ikan yang baik bagi kesehatan:

1. Menjaga kesehatan mental

Terapi ikan memiliki dampak positif bagi kesehatan mental seseorang. Jenis terapi ini mampu menciptakan suasana santai, menyenangkan, mengurangi stres, kecemasan, dan depresi.

Metode yang digunakan dalam terapi tersebut dapat memicu pelepasan endorfin, untuk menimbulkan perasaan bahagia, kesenangan, dan penghilang rasa sakit.

Khasiat lain yang diperoleh terapi ikan mampu meningkatkan harga diri dan kepercayaan diri seseorang.

2. Meningkatkan kesehatan kulit

Terapi ikan dapat membantu mengobati berbagai kondisi permasalahan kulit, seperti psoriasis, eksim, dermatitis, dan jerawat. Ikan akan mengeluarkan enzim yang disebut dithranol, dengan memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-mikroba.

Enzim ini dapat mengurangi peradangan, kemerahan, dan gatal pada area kulit yang sensitif, serta mencegah infeksi.

3. Melancarkan sirkulasi darah

Terapi ikan dapat merangsang aliran darah dan membantu proses pengiriman oksigen ke kulit serta otot. Teknik yang digunakan dalam terapi tersebut dapat menciptakan efek pijat mikro, yang dapat mengendurkan pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh.

Khasiat ini mampu mencegah berbagai masalah peredaran darah, seperti varises, edema, dan kaki dingin.

4. Mengelupas kulit dan menghilangkan sel kulit mati

Terapi ikan mampu menghilangkan kotoran, dan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi, bau, atau pertumbuhan jamur. Hal ini dapat meningkatkan penampilan dan memperbaiki tekstur kulit, serta mencegah kuku maupun kapalan pada telapak kaki.

5. Merangsang sirkulasi darah dan sistem limfatik

Terapi ikan mampu meningkatkan pengiriman oksigen dan nutrisi ke sel dan jaringan kulit, serta menghilangkan racun dan produk limbah di dalam tubuh.

Hal ini berdampak baik bagi penyembuhan, regenerasi, peremajaan kulit, mengurangi peradangan, pembengkakan, dan rasa sakit.

6. Merelaksasi otot dan saraf

Terapi ikan mampu mengurangi stres, ketegangan, dan kecemasan. Terapi ikan juga dapat memberikan pijatan lembut dan sensasi yang dapat menimbulkan tawa dan kebahagiaan.

Rasa senang dan bahagia yang dihasilkan dari terapi tersebut, membuat otot dan saraf di dalam tubuh terasa rileks dan nyaman dalam mengerjakan sesuatu. Sensasi ini yang membuat tubuh manusia menjadi tetap sehat dan bersemangat. (Maharani Dwi Puspita Sari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro