Perempuan yang memiliki kulit sawo matang/Tatler Asia
Health

Ini Keuntungan Memiliki Kulit Sawo Matang

Redaksi
Rabu, 19 Juni 2024 - 20:17
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mungkin Anda pernah mendengar dan melihat secara langsung tentang diskriminasi yang dilakukan kepada masyarakat dengan kulit sawo matang.

Sebagian orang menilai bahwa cantik itu berasal dari kulit yang putih dan cerah. Jika dilihat dari segala aspek, cantik itu berasal dari hati, sifat, dan aura yang terpancar dari seseorang. Namun, apakah Anda tahu bahwa kulit sawo matang memiliki banyak keuntungan?

Kulit dan anggota tubuh lainnya merupakan anugerah yang Tuhan berikan, untuk digunakan dan dimanfaatkan sebaik mungkin. Tuhan sudah menciptakan manusia dalam bentuk yang sempurna, dengan dibekali oleh kecantikan dari luar maupun dalam.

Menjadi cantik adalah impian bagi banyak orang, tetapi cantik dengan cara yang natural dan berani mengekspos warna kulit secara terbuka merupakan definisi kecantikan yang sesungguhnya.

Dilansir dari pharmanewsonline.com, Rabu (19/6/2024) seorang dokter mengatakan bahwa kulit sawo matang dan cenderung gelap memiliki kelebihan khusus yang mampu melawan radikal bebas dan melindungi tubuh dari penyakit kanker.

Menurut salah satu dokter di Rumah Sakit Apollo di India yaitu dr Atul Taneja, kulit hitam itu indah dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Anda tidak perlu merasa cemas, takut, tersindir, dan malu untuk memiliki kulit gelap, karena banyak artis dan tokoh dunia yang berkulit sawo matang seperti Beyonce, Rihanna, Marion Jola, serta lainnya. Semua artis yang memiliki kulit sawo matang dan gelap tetap terlihat cantik dan menawan setiap harinya. 

Simak keuntungan memiliki kulit sawo matang:

1. Tidak rentan terhadap sinar matahari

Kulit sawo matang memiliki manfaat yang unik jika dibandingkan dengan kulit putih. Jika terkena paparan sinar matahari, orang berkulit putih akan cenderung panas dan muncul kemerahan hingga luka pada kulit.

Orang yang berkulit sawo matang, cenderung aman dan tidak membutuhkan waktu lama ketika berjemur. Kesimpulannya, orang yang berkulit sawo matang lebih kuat  dan tidak sensitif ketika terkena paparan sinar matahari. 

2. Kulit tampak lebih muda

Seorang dokter kulit bernama Susan C. Taylor menunjukkan bahwa orang Afrika-Amerika dan orang yang berkulit sawo matang lainnya, terlihat lebih muda daripada orang-orang yang memiliki kulit putih.

Hal ini dikarenakan adanya melanin yang lebih tinggi dan melindungi kulit tersebut dari kerusakan jangka pendek maupun jangka panjang akibat paparan sinar matahari. Keuntungan lain yang didapatkan adalah kulit akan terlindungi dari tanda-tanda penuaan, bertekstur, dan kerutan.

3. Risiko kanker kulit yang rendah

Kandungan melanin yang lebih tinggi, membuat orang-orang berkulit gelap memiliki risiko kanker kulit yang rendah. Hal ini dikarenakan adanya peran melanin yang menjadi payung alami untuk untuk memblokir sinar UV secara efektif dan membuat sel-sel di dalam lapisan kulit mengalami kerusakan yang tidak terlalu parah.

Namun, untuk memberikan pengamanan yang ekstra, Anda tetap harus menggunakan sunblock atau sunscreen yang melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

4. Tidak mengalami photoaging

Photoaging merupakan sekumpulan kondisi kulit yang mengalami perubahan setelah adanya kerutan, bintik-bintik, dan tekstur wajah yang tidak lagi sama seperti semula. Hal ini disebabkan oleh keratosis yang disebabkan oleh paparan sinar matahari dalam jangka panjang.

Orang-orang yang berkulit sawo matang tidak mengalami photoaging dikarenakan terlindungi secara aktif oleh kandungan melanin yang terdapat di dalam kulit, sehingga kulit akan terlihat lebih cerah dan awet muda.

5. Melindungi dari radikal bebas

Radikal bebas akan mempengaruhi dan merusak sel-sel yang terjadi dalam tubuh manusia. Namun, adanya melanin yang tinggi dalam kulit sawo matang mampu menjaga kelembapan pada stratum korneum kulit.

Hal ini yang membuat kulit tetap terlindungi, lembap, dan terhindar dari risiko penyakit lainnya. Namun, Anda juga harus menjaga kesehatan kulit dengan cara mengonsumsi buah-buahan yang memiliki kandungan antioksidan seperti mangga, stroberi, jeruk, dan kiwi untuk memberikan pengamanan ekstra terhadap kulit.

Kelima manfaat tersebut membuktikan bahwa orang dengan kulit sawo matang memiliki kelebihan yang baik terhadap fisik dan kesehatan organ lainnya.

Orang-orang yang memiliki kulit putih dan sawo matang sama-sama memiliki kelebihan dan keindahan tersendiri. Namun, Anda tidak perlu mendengarkan kritik dari orang lain yang tidak bersifat membangun dan merugikan. Sudah saatnya Anda tampil percaya diri dengan segala anugerah yang telah diberikan oleh Tuhan. (Maharani Dwi Puspita Sari)

Penulis : Redaksi
Sumber : Practo.com dan Pharmanewsonline.com
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro