Warna rambut ombre pendek/Pinterest
Health

Kenali 8 Jenis Makanan yang Cocok Untuk Mencegah Rambut Rontok

Redaksi
Sabtu, 22 Juni 2024 - 15:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mungkin sebagian dari Anda pernah merasakan betapa khawatirnya ketika memiliki rambut yang rontok. Kondisi ini menjadi persoalan utama bagi kaum wanita yang belum menemukan formulasi secara tepat.

Anda dapat melakukan berbagai cara dan treatment khusus dengan menggunakan produk sampo, masker rambut, serta mengonsumsi jenis makanan yang cocok untuk mencegah rambut rontok.

Rambut rontok merupakan kelainan yang terjadi dengan menipisnya rambut dalam jumlah yang normal dan tidak normal. Kondisi rambut rontok tidak normal dapat dilihat dari penipisan yang terjadi di sekitar kepala.

Dilansir dari Kemenkes, rambut rontok dapat disebabkan oleh:

1. Produk kosmetik, seperti cat rambut

2. Faktor genetik

3. Kebiasaan yang dapat merusak rambut, misalnya terlalu sering keramas, memakai pengering rambut, atau mengikat rambut

4. Perubahan hormon, pasca melahirkan atau menopause

5. Berat badan turun secara drastis

6. Stres berat

Jika dibiarkan secara terus menerus, kondisi ini akan mempengaruhi penampilan dan kepercayaan diri seseorang dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Namun, Anda tidak perlu khawatir untuk menangani permasalahan tersebut.

Dilansir dari stylecraze.cm, simak 8 jenis makanan yang cocok untuk mencegah rambut rontok:

1. Yoghurt 

Yoghurt merupakan salah satu sumber probiotik yang mampu meningkatkan kesehatan usus dan kesehatan rambut. Sebuah studi tikus menunjukkan bahwa yoghurt  mampu membantu mempromosikan perkembangan folikel dan menunda kerontokan pada rambut. Anda dapat mengonsumsi yoghurt dengan campuran buah maupun sereal setiap hari.

2. Unggas

Unggas merupakan sumber protein, vitamin, dan mineral yang sangat baik bagi tubuh. Seluruh kandungan tersebut merupakan salah satu nutrisi penting untuk menyehatkan dan mencegah kerontokan pada rambut.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Dermatology Practical & Conceptual menyatakan bahwa kekurangan protein akan berdampak pada struktur dan pertumbuhan rambut.

3. Lentil 

Lentil merupakan sejenis kacang-kacangan yang kaya akan kandungan asam folat, zat besi, fosfor, zinc, magnesium, dan serat. Protein yang terdapat di dalam memiliki peran penting terhadap perkembangan rambut yang sehat.

Kurangnya nutrisi, berupa asam amino esensial dan mikronutrien, dapat menyebabkan telogen effluvium serta kebotakan pada pria maupun wanita.

4. Ikan

Ikan merupakan salah satu jenis makanan yang  kaya akan protein dan asam lemak omega-3. Kandungan tersebut mampu menjaga dan meningkatkan kesehatan rambut.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam International Journal of Molecular Science menunjukkan bahwa minyak ikan dari makarel mampu merangsang sel papila kulit, serta mendorong pertumbuhan rambut dengan mengaktifkan jalur anagen (fase pertumbuhan siklus rambut).

5. Bayam 

Bayam merupakan sayuran berdaun hijau yang kaya akan kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, asam folat, dan vitamin. Seluruh kandungan nutrisi tersebut sangat penting untuk pertumbuhan rambut yang sehat.

Kadar kalsium yang tinggi mampu memfasilitasi penyerapan vitamin D yang baik untuk mencegah kerontokan rambut pada wanita. Bayam disertai dengan zat besi yang mampu meningkatkan pasokan oksigen ke kulit kepala.

Orang yang memiliki permasalahan dengan rambut rontok menunjukkan kadar feritin serum yang rendah, sehingga membutuhkan makanan kaya zat besi dalam makanan.

6. Telur 

Telur mengandung  protein, vitamin B8, dan mineral yang baik untuk memperkuat folikel rambut dan mencegah terjadinya kerontokan. Sebuah studi menunjukkan bahwa asam amino sulfur dalam protein adalah prekursor untuk sintesis protein rambut keratin yang memperkuat akar rambut dan mencegah kerontokan rambut secara prematur.


7. Ubi jalar

Ubi jalar merupakan salah satu sumber beta karoten yang setara dengan wortel. Kandungan beta karoten yang terdapat dalam ubi jalar mampu melindungi sel-sel dari segala bentuk radikal bebas dan meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala, yang dapat membantu menutrisi folikel serta meningkatkan pertumbuhan rambut.


8. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah yang dapat dijadikan sebagai bahan dalam pembuatan masker rambut. Buah tersebut memiliki kandungan asam lemak esensial dan vitamin E serta vitamin B. Seluruh kandungan tersebut membuat rambut Anda menjadi kuat, halus, dan berkilau. 

Anda dapat mengonsumsi jenis makanan tersebut setiap hari sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan. Utamakan konsumsi makanan yang memiliki kandungan gizi seimbang untuk melindungi kesehatan tubuh dari luar maupun dalam.

Untuk menghasilkan rambut yang sehat dan tidak rontok, Anda dapat mengubah pola makan secara tepat dan melakukan treatment secara mandiri dengan hair care yang memiliki fokus mengatasi permasalahan rambut rontok. (Maharani Dwi Puspita Sari)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro