Seorang ayah sedang membacakan buku bergambar untuk anak-anaknya/Tyack Health
Health

Tips Parenting, 7 Cara Mengajari Anak Membaca

Novita Sari Simamora
Senin, 24 Juni 2024 - 09:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Saat ini, siswa sekolah sedang libur sekolah. Ada siswa TK yang ingin masuk ke jenjang sekolah dasar (SD). Simak tips mengajari anak membaca.

Membaca adalah keterampilan penting bagi anak-anak, agar memahami kata demi kata dan kalimat. Proses mengajari anak membaca membutuhkan kesabaran yang besar dan harus dilakukan secara rutin.

Simak 7 tips parenting, mengajari anak membaca:


1. Membacakan buku cerita

Orang tua bisa memberikan contoh yakni dengan membacakan buku cerita kepada anak saat malam hari. Memperkenalkan buku, gambar, cerita, halaman, dan kata-kata kepada anak. Ini bisa dilakukan setiap malam sebelum tidur atau pada  sianghari.


2. Memperkenalkan Huruf dan Bunyi

Anda bisa mengajarkan anak mengenali huruf kapital dan bunyinya satu per satu. Mintalah anak Anda untuk mengulang kata-kata yang Anda ucapkan. Misalnya, kata-kata yang bisa digunakan yakni:

A = Apel

B = Bola

C = Cacing

3. Pakai Flashcard:

Flashcard dengan gambar dan kata membantu anak mengingat kata-kata dasar. Saat Anda menunjukkan kartu, maka mintalah anak Anda memegang dan memilih. Tujuan penggunaan flashcard adalah untuk meningkatkan kemampuan motorik dan daya ingat anak.

Jangan pernah membentak anak saat membaca, sebab ini adalah hal baru yang sedang dipelajarinya, sehingga butuh proses berulang-ulang. Buatlah atmosfer belajar menjadi menyenangkan, agar anak mau melakukan membaca bersama berulang-ulang.

4. Pakai Buku Bergambar

Orang tua bisa memberikan buku bergambar. Anda bisa mengulang kata-kata sederhana dan meminta anak untuk mengulanginya.

Dilansir dari ABC, Senin (24/6/2024), saat orang tua menunjuk gambar, maka mintalah anak Anda berlatih membaca dengan suara keras. Tujuannya, untuk melatih vokal dan konsonan anak. Anda bisa bertanya, "Ada gambar apa di halaman ini? Hewan apa yang kamu lihat? Warna apa beruangnya?"

Tetap lakukan interaksi kepada anak saat membaca dan ajak anak untuk menunjukan warna, benda dan hewan yang dikenal dalam buku tersebut.


5. Membaca dengan huruf vokal A (a)

Orang tua bisa mengajari anak dengan membaca vokal A. Namun, orang tua wajib mengenalkan alfabet kepada anak, agar anak tidak stres. Jangan paksa anak, tetapi arahkan untuk mengenal.


Berikut contoh kata dengan vokal a:

a-ba

ba-ba

ba-ca


a-da

da-da 


a-ha 

ha-ha 


a-ka 

ka-ca


ma-ma 

pa-pa 

ra-sa 

ba-ra 

ra-wa 

ta-wa


6. Ajari anak membaca 4 huruf

Setelah anak mengenal ABC, maka orang tua bisa mengenalkan 4 huruf kepada anak dan mengulang-ngulang membaca bersama anak. Setelah mengajari anak vokal A, maka Anda bisa mengajari dengan vokal i. Berikut kata-kata dengan vokal i:

na-bi 

bi-la 

ci-ci 

ci-ta 

pa-di 

la-gi 

da-hi 

ji-ka

ja-ri


7. Bermain Permainan Kata

Orang tua bisa mengajak anak untuk bermain peprmainan tebak kata atau membuat kata berantai untuk melatih kreativitas anak dan kemampuan berpikir anak. Pilihlah kata-kata yang lucu dan bisa memancing anak untuk berbicara dan bercerita lebih banyak. 

Saat Anda mengajari anak membaca, maka sebaiknya sudah memberikan anak makan terlebih dahulu. Sebab, saat anak kenyang, maka konsentrasi dan kemampuan anak akan lebih tinggi.

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro