Seorang ayah sedang membacakan buku bergambar untuk anak-anaknya/Tyack Health
Health

5 Tips Parenting yang Membuat Anak Menjadi Mandiri di Sekolah

Redaksi
Rabu, 26 Juni 2024 - 16:44
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Orang tua, memberikan banyak perubahan besar dan bisa membentuk pribadi anak yang lebih baik dan mandiri saat di sekolah. Ini menunjukan bukti bahwa parenting yang diterapkan oleh para orang tua, harus dilakukan dengan cara yang unik dan berkesan.

Dilansir dari positiveparentingsolustions.com, Rabu (26/6/2024) mungkin sebagian dari Anda pernah melihat anak-anak kecil yang enggan ditinggal oleh orang tuanya ketika di sekolah. Hal tersebut dapat terjadi ketika parenting yang diberikan oleh orang tua, tidak mampu memberikan pengalaman dan pemahaman yang cukup terkait kemandirian sang anak. 

Dilihat secara kepribadian, anak-anak cenderung manja dan bergantung terhadap orang tua. Namun, jika Anda berhasil memberikan pemahaman yang cukup meyakinkan, maka sang anak akan menyadari bahwa tidak selamanya orang tua dapat mengawasi kegiatan secara langsung selama 24 jam.

Inilah 5 tips parenting yang membuat anak menjadi mandiri:

1. Fokus terhadap kontribusi di keluarga

Sebagai orang tua, Anda harus berkontribusi secara penuh kepada keluarga. Seluruh hal yang berkaitan dengan keluarga terutama anak, harus dilakukan secara penuh dan optimal. Anda dapat memberikan pemahaman kepada sang anak melalui pemenuhan kebutuhan yang seimbang dengan cara quality time, mendaftarkan kursus pembelajaran, dan lainnya.

Cara tersebut dapat dilakukan setiap hari dengan membiasakan sang anak untuk belajar produktif. Ini menjadi salah satu metode yang tepat, supaya sang anak mampu bertanggung jawab atas dirinya sendiri dan orang-orang di sekitar.

Anda juga dapat memberikan fokus yang tepat terkait pemahaman kejujuran dan dukungan kepada sang anak, untuk membangun kepercayaan diri secara optimal.

2. Bergaul dengan orang-orang yang berpikir terbuka

Pergaulan merupakan salah satu pemicu yang paling penting terhadap pembentukan karakter dan kepribadian seseorang. Anda berhak memilih untuk tinggal bersama orang-orang yang memiliki pemikiran terbuka, untuk mendapatkan pikiran yang maju dan rasional.

Parenting membutuhkan support dan peran besar dari orang-orang yang ada disekitar. Ini yang membuktikan bahwa Anda mampu menghasilkan pemikiran dan tindakan yang tepat dalam mengasuh anak.

Seluruh dukungan dan nasehat yang diberikan oleh kerabat, teman, serta keluarga dapat membuat pribadi Anda menjadi terbuka dan bertindak tegas atas pilihan tindakan yang dilakukan.

Sama halnya dengan anak-anak yang meniru segala tindakan dari para orang tua. Ini menjadi tugas utama bagi para orang tua untuk membantu sang anak dalam memilih dan mempercayai seluruh keputusan yang dipilih. Jika sang anak mendapatkan kepercayaan penuh, maka sifat kemandiriannya dapat terpancar dengan baik.

3. Mendorong sang anak untuk terus berkembang

Anak-anak akan terus berkembang ketika mereka mendapatkan banyak dukungan dan kepercayaan dari orang-orang sekitar. Ini membuktikan, bahwa Anda harus bersikap adil dan mendukung secara penuh aktivitas yang dilakukan oleh sang anak. 

Sebagai orang tua, Anda harus memberikan banyak dorongan supaya sang anak berani keluar dari zona nyaman yang dihadapi. Biarkan sang anak untuk mengembangkan seluruh kemampuan kreativitasnya, supaya tanggung jawab dan sifat kemandiriannya dapat tercipta secara alami.

4. Mengaplikasikan cara menyelesaikan masalah dengan baik

Dalam kehidupan rumah tangga, Anda dapat memberikan pemahaman terkait cara menyelesaikan masalah dengan baik dan tuntas di hadapan sang anak. Seluruh masalah yang terdapat di dalam kehidupan keluarga, dapat diselesaikan dengan cara tepat dan sederhana tanpa melibatkan amarah.

Dalam hal ini, Anda harus memberikan pemahaman kepada sang anak untuk bersikap tenang dan tidak gegabah ketika menghadapi suatu masalah. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengajak berbicara, mendengarkan keluh kesah, dan menghindari luapan emosi secara berlebih.

Anak-anak akan terbiasa dengan aktivitas serta pemahaman yang diberikan oleh orang tua, sehingga jiwa mandiri tersebut mampu membuat yakin bahwa setiap permasalahan yang dihadapi baik di rumah maupun di sekolah akan berakhir secara tuntas. 

5. Jangan meniru apa yang dilakukan oleh sang anak

Sifat kemandirian dapat terpancar ketika sang anak mencoba berani tampil untuk mendapatkan kepercayaan dan dukungan penuh dari orang-orang disekitar.

Dalam beberapa momen, Anda hanya perlu menyimak tanpa membantu aktivitas yang dilakukan oleh sang anak. Hal ini bertujuan untuk memberikan rasa kepercayaan, tanpa melibatkan rasa kecurigaan dan ketakutan penuh terhadap aktivitas yang dilakukan oleh sang anak. (Maharani Dwi Puspita Sari)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro