6 Makanan yang Sebaiknya Tidak Dimasak Pakai Air Fryer
Health

6 Makanan yang Sebaiknya Tidak Dimasak Pakai Air Fryer

Mia Chitra Dinisari
Senin, 1 Juli 2024 - 10:34
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Air fryer kini menjadi tren dalam memasak karena dianggap lebih sehat dibandingkan memasak dengan wajan di atas kompor.

Meskipun serbaguna, ternyata ada beberapa makanan yang sebaiknya tidak dimasak pakai air fryer.

Dilansir dari Cnet, resep tertentu yang memerlukan pemasakan yang presisi, suhu rendah dan lambat, atau pembakaran yang tepat tidak cocok untuk dimasak dengan air fryer ini.

Berikut 6 makanan yang sebaiknya tidak dimasak pakai air fryer

1. Bayam dan sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau sangat dilarang dalam hal memasak air-fryer. Udara konveksi yang panas akan membuat sebagian besar sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, dan lobak menjadi renyah melebihi apa pun yang ingin Anda makan.

2. Daging panggang

Steak yang dimasak dengan air fryer mungkin akan menjadi keras dan kenyal.

Steak memanas kembali dengan baik di air fryer, tetapi ini bukan tempat yang baik untuk memasak. Keranjang air fryer menjadi panas tetapi tidak cukup panas untuk membuat bagian luar steak Anda gosong.

Bahkan steak yang berlemak dan tidak lengket pun tidak akan keluar dengan baik dibandingkan saat dimasak di atas plancha panas, wajan besi, atau panggangan.

3. Dada ayam yang tidak dilapisi tepung roti

Dada ayam tanpa dilapisi tepung roti bukanlah kandidat terbaik untuk air fryer.

Sayap ayam, paha, dan potongan tulang lainnya adalah kandidat sempurna untuk alat air fryer. Namun dada ayam tanpa tulang tidak memiliki banyak lemak dan mudah kering.

Lindungi mereka dengan sedikit adonan telur dan remah roti dan Anda akan baik-baik saja, tetapi dada ayam telanjang yang dimasak dengan air fryer sering kali tampak kering atau kenyal.

4. Potongan daging yang besar

Daging panggang dalam panci dan potongan daging besar lainnya biasanya memerlukan metode memasak yang rendah dan lambat.

Potongan besar daging sapi, babi, dan domba biasanya paling enak jika dimasak dengan metode rendah dan lambat seperti direbus atau diasap. Hindari air fryer dengan semburan udara konveksi yang panas saat memasak potongan daging besar dan pilihlah oven Belanda, slow cooker, atau perokok pelet.

5. Brokoli yang tidak tertutup

Alat air fryer akan menghanguskan brokoli kecuali jika dilapisi kertas timah.

Jika Anda membungkus brokoli dengan kertas timah, Anda dapat menggunakan air fryer untuk memanggangnya  dan dengan cepat. Tapi biarkan terbuka dan terkena udara konveksi panas dan Anda akan mendapatkan ujung brokoli yang mendesis yang sama sekali tidak enak.

6. Kerang

Kerang dan kerang lebih baik dibiarkan di dalam panci daripada di air fryer.

Kerang seperti kerang dan remis membutuhkan cairan untuk dimasak tanpa mengering. Makanan ini juga mudah dimasak terlalu lama, yang dapat menghasilkan potongan kenyal dan kenyal yang tidak Anda inginkan berada di dekat piring Anda. Hindari air fryer saat memasak sebagian besar kerang.

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro