Nyamuk Paling Suka Menggigit Orang dengan Golongan Darah O, Ini Alasannya
Health

Nyamuk Paling Suka Menggigit Orang dengan Golongan Darah O, Ini Alasannya

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 2 Juli 2024 - 11:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Nyamuk merupakan serangga yang suka menggigit dan menghisap darah manusia.

Tapi tahukah Anda jika nyamuk memiliki kesukaan sendiri pada golongan darah tertentu?

Sebuah penelitian tahun 1974 merekrut 102 peserta untuk melihat berbagai faktor individu yang dapat menarik nyamuk.

Ketika para peneliti menganalisis hasilnya, mereka menemukan bahwa nyamuk lebih suka memangsa orang yang bergolongan darah O.

Baru-baru ini, sebuah penelitian pada tahun 2019 juga menilai preferensi golongan darah pada nyamuk.

Dilansir dari healthline, mereka melakukan ini dengan memberikan sampel golongan darah berbeda di tempat makan terpisah. Telah diamati bahwa nyamuk lebih suka menghisap darah orang dengan golongan darag tipe O dibandingkan golongan darah lainnya.

Sebuah studi tahun 2004 meneliti preferensi nyamuk berdasarkan golongan darah serta status sekretor. Hasil keseluruhan menemukan bahwa lebih banyak nyamuk yang hinggap pada orang bergolongan darah O.

Namun, hasil ini hanya signifikan secara statistik jika dibandingkan dengan golongan darah A dan tidak terhadap golongan darah lainnya.

Nyamuk lebih sering hinggap pada sekretor tipe O dibandingkan sekretor tipe A.

Ketika antigen golongan darah diaplikasikan pada lengan peserta penelitian, nyamuk secara signifikan lebih tertarik pada orang dengan antigen H (tipe O) dibandingkan antigen A. Sedangkan antigen A secara signifikan lebih menarik dibandingkan antigen B.

Orang dengan golongan darah berbeda memiliki kumpulan protein spesifik (antigen) berbeda pada permukaan sel darah merahnya. Anda mewarisi golongan darah Anda dari orang tua Anda.

Karena antigen golongan darah dapat ditemukan dalam air liur dan air mata sekretor, nyamuk mungkin dapat merasakan antigen tersebut ketika mereka mendekati seseorang. Namun, belum ada penelitian yang mendukung gagasan ini.

Perlu diingat juga bahwa meskipun penelitian tahun 2004 menemukan bahwa golongan darah O lebih disukai daripada golongan darah A, hal yang sama tidak berlaku untuk golongan darah lainnya. Jelasnya, faktor-faktor individu lainnya dapat mempengaruhi siapa yang dipilih nyamuk untuk digigit.

Di dunia ini, ada empat golongan darah yang berbeda sebagai berikut:

A: hanya antigen pada permukaan sel darah merah
B: hanya antigen B pada permukaan sel darah merah
AB: antigen A dan B pada permukaan sel darah merah
O : tidak ada antigen A atau B pada permukaan sel darah merah

Beberapa orang mungkin juga memiliki antigen ini dalam cairan tubuh seperti air liur atau air mata. Orang-orang ini disebut sekretor.

Misalnya, seseorang dengan golongan darah A akan menjadi sekretor tipe A. Mereka yang bergolongan darah O mengeluarkan antigen H, pendahulu antigen A dan B.

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro