Manfaat matahari bagi manusia, hewan dan tumbuhan dalam kehidupan sehari-hari./Freepik
Health

8 Tips Menjaga Mata Tetap Sehat

Redaksi
Selasa, 9 Juli 2024 - 15:56
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mata adalah salah satu organ yang dimiliki oleh manusia yang tidak dapat diganti oleh apapun. Mata memiliki banyak aspek yang terhubung ke tubuh seseorang, sehingga apa yang rutin dilakukannya sehari-hari, bisa berdampak pada organ penglihatannya tersebut.

Dilansir dari laman allabaoutvidion.com dan webmd.com, jika seseorang mengambil langkah-langkah yang tepat untuk menjaga kesehatan matanya, dia akan menjaga ketajaman penglihatan, menurunkan risiko penyakit mata, dan melindungi matanya dari berbagai bahaya.

Berikut adalah 8 tips yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mata:

1. Konsumsi makanan yang memiliki manfaat untuk mata

Mengonsumsi makanan sehat adalah salah satu langkah terbaik yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mata. Mulailah dengan memilih makanan yang dapat meningkatkan kesehatan mata seperti buah dan sayuran, kacang-kacangan, lemak sehat, dan biji-bijian utuh ataupun sereal.

Konsumsilah buah dan sayuran berwarna oranye dan kuning seperti wortel, melon, dan ubi jalar. Sayuran tersebut mengandung vitamin A, yang membantu melindungi kornea dan berperan sebagai kunci untuk penglihatan yang baik. 

- Konsumsilah kacang-kacangan yang memiliki manfaat seperti kacang polong hitam dan garbanzo yang mengandung berbagai nutrisi, termasuk vitamin B, kalsium, folat, zat besi, kalium, dan seng. 

- Konsumsi juga lemak sehat seperti minyak kanola, kacang kenari, dan ikan dengan asam lemak esensial omega-3 yang dapat membantu mencegah masalah mata umum seperti katarak dan mata kering.

- Untuk biji-bijian, pilihlah roti dan sereal yang terbuat dari 100% gandum utuh, bukan roti putih dan biji-bijian olahan.

2. Jauhi merokok

Merokok memperbesar kemungkinan terkenanya katarak, yaitu ketika lensa mata mengalami gangguan yang menyebabkan seseorang mengalami pandangan atau penglihatan yang tidak baik. Terlebih lagi, katarak tidak dapat disembuhkan selain menggunakan operasi sebagai jalan keluar.

Berusahalah untuk menghentikan kebiasaan tersebut. Dan jika Anda melakukannya lagi, tetaplah berusaha untuk terus berhenti. Semakin sering Anda mencoba berhenti, semakin besar pula kemungkinan Anda berhasil.

3. Lindungi mata dari sinar matahari

Melindungi mata dari sinar UV matahari dapat membantu melindungi penglihatan dan mencegah kanker kulit berkembang di sekitar mata. Kerusakan akibat sinar matahari dapat menyebabkan berbagai kondisi buruk pada mata, termasuk katarak dan fotokeratitis.

Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan kacamata hitam. Kacamata hitam berkualitas tinggi dapat melindungi mata dari sinar matahari. Pilihlah kacamata yang dapat memblokir 99% hingga 100% sinar UVA dan UVB. Lensa wraparound dan lensa terpolarisasi dapat menjadi pilihan ketika memilih kacamata hitam.

4. Berikan mata istirahat yang cukup

Di era digital, tentu sulit untuk menerima fakta bahwa seseorang pasti menghabiskan sebagian waktunya di depan layar, baik layar komputer, layar smartphone, bahkan layar televisi. Hal ini dapat menyebabkan ketegangan mata yang pada akhirnya dapat menyebabkan penglihatan kabur, mata kering, mata lelah, mata merah, dan bahkan kedutan mata.

Untuk mencegah ketegangan mata akibat penggunaan perangkat digital, bersikaplah proaktif dengan mengistirahatkan mata secara berkala dari layar.

Hal yang dapat dilakukan diantaranya adalah berkedip lebih sering, alihkan pandangan dari layar setiap 20 menit dan tatap objek yang berjarak minimal 20 kaki selama 20 detik (20-20-20 rules), beristirahat selama 10 menit pada setiap jam, atau habiskan waktu di luar ruangan untuk memanjakan mata.

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro