Ilustrasi rambut rontok/dok freepik
Health

Tips Mencegah Kerontokan pada Rambut

Redaksi
Sabtu, 20 Juli 2024 - 19:16
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kerontokan rambut juga dapat disebabkan oleh banyak faktor lain, sehingga penting untuk mengetahui tips mencegahnya.

Beberapa cara umum yang dilakukan sering kali sederhana dan jarang menyentuh akar permasalahan.

Dilansir dari laman add.org dan healthline.com, Sabtu (20/7/2024), jika Anda mengalami kerontokan rambut, berikut adalah rekomendasi para ahli yang dapat diikuti.

1. Temui dokter bersertifikat

Rambut rontok dapat disebabkan oleh banyak hal. Semakin cepat Anda menemukan penyebabnya, semakin besar peluang Anda untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Menemui dokter yang tepat akan membantu Anda mencari solusi terbaik untuk kerontokan rambut, dan tentu dengan didasarkan pada penyebab terjadinya kerontokan tersebut.

2. Cuci dan gunakan kondisioner tanpa membuat rambut trauma

Rambut yang menipis atau rontok sangat rapuh dan mudah rusak. Anda dapat menggunakan sampo yang lembut, karena beberapa sampo dapat menghilangkan kelembaban dari rambut Anda. Selain itu, gunakanlah kondisioner atau kondisioner tanpa bilas untuk mengurangi kerusakan rambut dan ujung rambut bercabang.

3. Hentikan pewarnaan, pengeritingan, pelurusan kimia, dan relaksasi di rumah

Jika ingin melakukan hal ini, carilah salon yang khusus dalam layanan yang diinginkan dan memiliki tenaga profesional yang tahu cara memeriksa kulit kepala dan rambut Anda. Hal ini dilakukan guna menemukan produk yang paling cocok untuk Anda.

4. Batasi penggunaan alat pengeriting rambut, catok rambut, dan sisir panas

Jika menggunakannya pada acara khusus seperti pernikahan dan wawancara kerja, tidak masalah. Namun jika menggunakannya pada setiap hari, sebaiknya dihentikan, karena alat-alat ini memanaskan rambut sehingga dapat melemahkannya.

5. Gunakan pengaturan panas terendah pada pengering rambut Anda

Hindari menggunakan suhu tinggi pada pengering rambut. Jika memungkinkan, biarkan rambut kering secara alami daripada menggunakan pengering rambut. Selain itu, Anda juga dapat membungkus rambut basah dengan handuk mikrofiber yang dapat membantu mengeringkan rambut lebih cepat.

6. Hentikan mengikat rambut dengan sanggul, kuncir kuda, kuncir dua, kepang cornrow, atau kepang

Sering mengikat rambut dengan gaya rambut yang menarik rambut dapat menyebabkan kerontokan rambut yang disebut alopecia traksi. Seiring waktu, apa pun yang menarik rambut dapat menyebabkan kerontokan rambut permanen. Anda dapat memilih beberapa gaya rambut yang justru dapat mencegah kerontokan rambut.

7. Atur pola makan

Hasil studi tahun 2017 menunjukkan bahwa pola makan yang mencakup sayuran mentah dan rempah segar, seperti diet Mediterania, dapat mengurangi risiko alopecia androgenik (kebotakan pada wanita atau pria) atau memperlambat timbulnya.

Selain itu, diet kaya protein juga dapat membantu mencegah rambut rontok, seperti mengkonsumsi kacang-kacangan, telur, ayam, dan lain sebagainya. Tak hanya itu, Anda juga dapat mengkonsumsi Vitamin A yang mendukung pertumbuhan rambut dan mempengaruhi siklus rambut yang sehat.

8. Jauhi stres

Kerontokan rambut dapat terjadi akibat stres, yang disebut sebagai telogen effluvium.

Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan yoga, yang dapat mengurangi tingkat stres untuk membantu mencegah atau memperlambat kerontokan pada rambut. (Yoga Al Kemal)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro