Ilustrasi lemak dalam tubuh/pexels
Health

Begini Prosedur dan Efek Samping Sedot Lemak, Benar Bisa Sebabkan Kematian?

Restu Wahyuning Asih
Senin, 29 Juli 2024 - 19:01
Bagikan

Sama seperti operasi lainya, sedot lemak juga memiliki efek samping yang bisa membahayakan tubuh seperti:

1. Penumpukan Cairan

Kantong cairan sementara, yang disebut seroma, bisa terbentuk di bawah kulit. Mungkin perlu dikuras menggunakan jarum. Hal ini merupakan efek samping dari sedot lemak yang sering terjadi.

2. Mati Rasa

Seseorang mungkin merasakan mati rasa sementara atau permanen di area yang dirawat. Saraf di area tersebut juga mungkin terasa teriritasi. Jika operasi dilakukan pada tempat yang tidak aman mungkin saja seseorang akan mengalami mati rasa pada area yang dioperasi seumur hidup.

3. Infeksi

Infeksi kulit jarang terjadi tetapi mungkin saja akan terjadi jika operasi yang dilakukan mengalami kegagalan ataupun dilakukan di tempat yang tidak profesional. Hal ini bisa mengancam jiwa jika Infeksi kulit menjadi lebih parah.

4. Tusukan Internal

Jarang terjadi, jika selang tipis yang digunakan selama operasi menembus terlalu dalam, dapat menusuk organ dalam. Ini mungkin memerlukan pembedahan darurat untuk memperbaiki organ.

5. Emboli Lemak

Potongan lemak bisa terlepas dan terperangkap di pembuluh darah. Hal ini kemudian mungkin berkumpul di paru-paru atau berpindah ke otak. Emboli lemak adalah keadaan darurat medis.

6. Masalah Ginjal dan Jantung

Ketika sedot lemak dalam jumlah besar dilakukan, cairan berpindah. Hal ini dapat menyebabkan masalah ginjal, jantung, dan paru-paru yang mungkin mengancam jiwa.

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro