Seorang pasien yang memiliki tekanan darah tinggi (hipertensi) sedang dengan memeriksa tekanan darahnya/DTE
Health

5 Tanda Tekanan Darah Tinggi di Pagi Hari yang Sering Diabaikan

Mutiara Nabila
Jumat, 2 Agustus 2024 - 09:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tekanan darah tinggi sering disebut sebagai pembunuh diam-diam, karena dapat menimbulkan risiko kesehatan yang signifikan. Hal ini bisa diam-diam terjadi di pagi hari.  

Mengutip The Indian Express, Konsultan Senior-Ahli Jantung Intervensional di Gleneagles Hospitals, Dr. Sameer V Pagad Parel, menjelaskan pentingnya mengetahui tekanan darah di pagi hari dan tanda-tanda peringatan diam-diam yang tidak boleh diabaikan.

Dia mengatakan bahwa tekanan darah akan secara alami berfluktuasi sepanjang hari. Namun, apabila alat pendeteksi tekanan darah membaca tekanan tinggi terus-menerus saat bangun tidur di pagi hari, bisa jadi merupakan sebuah gejala penyakit tertentu. 

Tingginya tekanan darah pada pagi hari salah satunya dipengaruhi oleh ritme alami tubuh, kadar hormon stres, dan bahkan gangguan tidur. 

Lonjakan tekanan darah sesekali adalah hal yang normal, namun jika terjadi terus-menerus tinggi dapat mengindikasikan masalah kesehatan yang mendasarinya atau kebiasaan gaya hidup yang tidak sehat yang mengganggu pengaturan tekanan darah alami tubuh.

Tekanan darah tinggi sering kali tidak memiliki gejala yang nyata, sehingga penting untuk memperhatikan perubahan sesedikit apa pun pada kesehatan Anda, terutama di pagi hari. 

Berikut adalah 5 tanda peringatan yang sering kali tidak disadari ketika darah tinggi di pagi hari:

1. Sakit Kepala Berkepanjangan di Pagi Hari

Tekanan darah tinggi dapat menekan pembuluh darah, yang menyebabkan sakit kepala saat bangun tidur.

2. Mimisan yang Tidak Diketahui Penyebabnya

Pembuluh darah halus di hidung rentan pecah karena tekanan yang tinggi, yang menyebabkan mimisan tiba-tiba.

3. Kelelahan Terus-menerus

Merasa terus-menerus kehabisan tenaga di pagi hari bisa jadi merupakan tanda tekanan darah tinggi yang memengaruhi kadar energi Anda.

4. Kegelisahan

Kesulitan untuk rileks atau merasa gelisah di pagi hari dapat dikaitkan dengan hipertensi di pagi hari.

5. Pusing di Pagi Hari

Mengalami pusing saat bangun tidur terkadang dapat disebabkan oleh fluktuasi tekanan darah. Dengan memahami pentingnya pembacaan tekanan darah di pagi hari dan mengenali tanda-tanda peringatannya.

Dengan gejala tersebut di pagi hari, Anda dapat mengambil langkah proaktif untuk mengelola kesehatan dan tekanan darah Anda.

Konsultasikan dengan dokter untuk pemeriksaan rutin untuk menjaga kontrol tekanan darah yang optimal dan mengurangi risiko komplikasi kardiovaskular. Jangan tunggu sampai pembunuh diam-diam ini muncul dan mengganggu kualitas hidup.

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro