Jus buah sayuran dan buah/Easy Green
Health

Simak 8 Tips Mengajari Anak Makan Sayuran

Redaksi
Senin, 12 Agustus 2024 - 14:19
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tidak banyak anak yang suka makan sayuran karena rasanya yang hambar dan tekstur yang berserat. Ada beberapa tips yang bisa dicoba agar anak mau makan sayuran.

Setiap orang tua harus mengajari anak untuk mengkonsumsi sayur guna menjaga kesehatannya. Konsistensi adalah salah satu kuncinya.

Dilansir dari businessinsider.com, Senin (12/8/2024), ada berbagai alasan anak menolak sayuran. Untuk meningkatkan selera anak terhadap sayuran, terdapat beberapa tips yang dapat dilakukan para orang tua.

Simak tips agar anak mau makan sayuran:

1. Menggunakan saus sebagai penyedap

Bayi lahir dengan preferensi terhadap rasa manis, seperti air susu ibu (ASI). Hal itu pada akhirnya mendorong penurunan selera terhadap sayur-sayuran yang dikenal dengan rasa hambar.

Untuk mengatasinya, gunakan saus yang cenderung manis pada sayur untuk meningkatkan selera, seperti saus tomat dan saus keju.

2. Libatkan anak pada pembuatan makanan

Melibatkan anak pada pembuatan makanan di dapur dapat membangun semangat mereka untuk mengkonsumsi makanan buatannya. Mengupas sayuran dan menguleni adonan adalah 2 dari banyaknya opsi yang dapat Anda pilih untuk melibatkan anak pada proses pembuatan makanan.

3. Konsisten

Menurut dokter anak di AltaMed Health Services, Dr. Norma Perez, anak-anak seringkali melihat makanan – mungkin sebanyak 15 kali, sebelum mencobanya. Dengan menyuguhkan sayur-sayuran secara konsisten, akan meningkatkan kemungkinan mereka mencobanya.

4. Sesuaikan dengan bentuk makanan yang mereka sukai

Dalam kasus ini, tekstur makanan juga memiliki peran penting. Pastikan untuk menyediakan sayur sesuai dengan tekstur makanan yang mereka sukai – lembek, kenyal, licin, renyah, atau lain sebagainya. Untuk mendapatkan tekstur yang mereka sukai, cobalah segala tekstur makanan untuk mengetahui tekstur favorit mereka.

5. Campurkan sayuran ke dalam makanan

Anda juga dapat memperkenalkan mereka pada berbagai jenis makanan dalam berbagai bentuk – memasukkan sayuran ke dalam makanan yang umumnya tidak menggunakan sayuran, seperti menambahkan sayur bayam ke dalam jus buah manis.

6. Hindari pertengkaran pada waktu makan

Setiap orang tua memang harus menanamkan kebiasaan makan yang sehat kepada anaknya, tetapi hindarilah pertengkaran atas makanan. Seperti yang dikatakan Dr. Norma Perez, bahwa penting bagi orang tua untuk menjaga waktu makan bebas stres untuk anak. Hal tersebut nantinya akan menjaga anak agar tidak mengalami kecemasan atau stres di sekitar waktu makan.

7. Hindari terlalu banyak memberi hadiah berupa makanan

Penelitian menunjukkan bahwa hal ini dapat mengajarkan anak untuk mengabaikan tanda-tanda lapar dan kenyang alami, serta menyebabkan ketergantungan pada makanan manis atau makanan olahan di masa mendatang karena mengasosiasikan makanan tersebut dengan perasaan positif dan persetujuan orang tua.

8. Jadilah contoh yang baik

Setiap anak-anak akan mengikuti perilaku orang tuanya, tak terkecuali terkait pola makan. Ketika melihat Anda mengkonsumsi sayur-sayuran, anak-anak mungkin akan tertarik untuk mencobanya. Begitupun sebaliknya, ketika melihat Anda mengkonsumsi makanan berminyak, mereka akan tertarik untuk mencoba makanan berminyak.

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro