Ragam vitamin untuk kesehatan/p2tmkemenkes
Health

Hati-Hati Minum Suplemen Vitamin Ini, Bisa Merusak Organ Tubuh

Redaksi
Kamis, 15 Agustus 2024 - 17:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Orang  yang sering mengonsumsi makanan bergizi dan vitamin setiap hari ternyata tidak berdampak baik bagi kesehatan tubuh.

Dilansir dari WebMD dan Mount Sinai Hospital, Kamis (15/8/2024), Anda tidak akan kelebihan vitamin dari nutrisi makanan saja. Maka, yang harus Anda waspadai adalah jumlah suplemen vitamin yang Anda konsumsi.

Mengutip ilmuwan suplemen diet Johanna Dwyer, pastikan Anda mengonsumsi suplemen sesuai daily value atau batas nutrisi yang perlu dikonsumsi manusia demi kesehatan optimal. 

Daily value dapat Anda lihat di label kemasan suplemen. Bahan apapun dalam suplemen vitamin dapat menjadi beracun ketika dikonsumsi secara berlebihan.

Ketika Anda mulai merasakan gejala-gejala ringan, segera hentikan konsumsi suplemen. Umumnya, efek samping akan menghilang dalam waktu beberapa minggu. Biasanya, yang menyebabkan risiko terparah adalah suplemen zat besi, kalsium, asam folat, vitamin D, dan vitamin A. 

Berikut gejala dan risiko terlalu banyak mengonsumsi vitamin:

1. Zat Besi

Ketika Anda mengalami overdosis zat besi, gejalanya antara lain: muntah, diare berdarah, merasa lemah.

Anda juga bisa mengalami konstipasi dan/atau pendarahan internal di bagian usus. Jika terjadi dalam waktu yang lama, dapat terjadi penurunan berat badan yang cukup ekstrim.

Jika overdosis termasuk parah, Anda bisa memasuki koma, darah rendah, masalah organ tubuh, hingga kematian.

2. Kalsium

Dosis maksimal kalsium per harinya adalah 1.500 mg untuk orang dewasa. Lebih dari itu, Anda bisa mengalami kelebihan asupan kalsium atau hypercalcemia.

Gejalanya antara lain sakit perut yang hebat, muntah-muntah, sering buang air kecil, sakit kepala, sakit tulang, dan merasa lemah. Bahkan, dalam jangka panjangnya, Anda dapat mengalami gagal ginjal, masalah jantung, dan masalah ingatan.

3. Asam folat

Asam folat biasanya ditemukan sebagai nutrisi tambahan di produk padi, gandum, dan serealia. Biasanya, asam folat ditambahkan dalam makanan ibu hamil untuk mencegah disabilitas bayi. Namun, terlalu banyak asam folat–batas maksimumnya 1.000 mg per hari untuk dewasa–dapat menyebabkan beberapa komplikasi. 

Yang pertama adalah “menyembunyikan” gejala kekurangan vitamin B12. Di saat yang sama, kelebihan asam folat bisa saja memperparah keadaan kekurangan vitamin B12. Selain itu, asam folat dalam jumlah tinggi dapat meningkatkan risiko kanker rektum dan usus besar. 

4. Vitamin D

Batas aman konsumsi vitamin D per harinya adalah 4.000 IU (unit internasional). Overdosis vitamin D jarang terjadi, tetapi jika ya, efek sampingnya bisa parah.

Selain itu, dikatakan bahwa kelebihan vitamin D juga meningkatkan jumlah kalsium dalam tubuh. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jumlah kalsium yang terlalu tinggi dapat menyebabkan komplikasi yang buruk. 

5. Vitamin A

Gejala kelebihan vitamin A antara lain kulit kering, sakit kepala, dan mual. Tekanan darah akan menjadi cukup tinggi. 

Namun, pada kasus dengan konsumsi vitamin A yang ekstrim, Anda dapat saja terjangkit penyakit serius. Antara lain, konsumsi vitamin A berlebihan dalam jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan organ seperti hati, tulang, kulit, dan sistem saraf yang tidak bisa kembali seperti semula. (Ilma Rayhana)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro