Kopi bisa menjadi bahan alami pengharum ruangan/eBay
Health

Pengharum Rumah dari Bahan Alami, Aman untuk Anak

Redaksi
Kamis, 15 Agustus 2024 - 20:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Setiap orang dapat menggunakan bahan-bahan alami untuk mengharumkan ruangan, sehingga bahan alami ini aman bagi anak-anak.

Dilansir dari laman tomsguide.com dan tasteofhome.com (15/8/2024), tidak hanya untuk keluarga, aroma wangi dan segar juga dapat meningkatkan kenyamanan saat tamu undangan datang ke rumah Anda. Sayangnya, produk pengharum ruangan yang mudah didapatkan biasanya mengandung bahan kimia yang cenderung buruk bagi kesehatan.

Kabar baik, terdapat banyak bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk menjaga aroma rumah tetap wangi dan segar.

Berikut bahan alami pengharum ruangan:

1. Lavender

Bunga lavender cocok digunakan sebagai pengharum dan penyegar ruangan, karena dikenal dengan aromanya yang segar dan sifatnya yang menenangkan. Untuk membuatnya, isi botol semprot kecil dengan 28 gram air suling dan 10-20 tetes minyak lavender, kocok sampai merata, semprotan lavender siap digunakan.

2. Jeruk dan kayu manis

Jeruk dan kayu manis yang direbus dapat menjadi opsi Anda untuk mendapatkan pengharum ruangan berbahan alami, yaitu dengan cara merebusnya. Ambil panci kecil berisi air, lalu tambahkan irisan jeruk dan segenggam kayu manis. Didihkan air, lalu kecilkan api dan biarkan rebusan tetap panas selama beberapa jam. Aroma wangi rebusan ini dapat menyebar hingga ke setiap sudut rumah Anda.

3. Bola pomander

Penyegar udara alami ini dapat dibuat dengan menusukkan buah jeruk dengan segenggam cengkeh, dan melapisinya dengan rempah seperti kayu manis dan pala bubuk. Cara menggunakannya, Anda dapat menggantung bola pomander di lemari untuk melawan aroma tidak sedap dan menggantinya dengan aroma menyegarkan.

4. Bunga segar

Bahan alami ini mungkin sudah umum digunakan oleh para ibu. Pertimbangkan membeli bunga segar yang harum seperti melati putih, gardenia, anggrek, dan geranium. Menjaga bunga ini tetap tumbuh sehat adalah satu-satunya perawatan yang harus Anda lakukan untuk membuatnya tetap aktif mengharumkan ruangan.

5. Minyak atsiri

Minyak atsiri atau minyak esensial adalah penghilang bau alami. Dengan aromanya yang menyegarkan, Anda dapat menggunakannya pada setiap sudut ruangan rumah Anda. Minyak ini umumnya disebar menggunakan diffuser, yaitu alat yang dapat mengubah minyak menjadi uap yang mudah untuk dihirup.

6. Kopi bubuk

Selain sebagai minuman penambah energi, kopi juga berfungsi sebagai penyegar udara alami. Untuk menggunakannya, letakkan mangkuk berisi kopi bubuk segar di area-area yang Anda inginkan, dan kopi Anda siap mendominasi aroma rumah. Selain itu, bubuk kopi juga terkenal dengan aromanya yang dapat menghalangi bau tidak sedap.

7. Lilin alami

Lilin alami dapat mengurangi bau tidak sedap. Pilihlah lilin alami yang terbuat dari lebah, yaitu lilin kelapa atau kedelai. Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu hanya dengan menambahkan lilin tersebut dengan minyak esensial untuk mendapatkan aroma menyegarkan.

Anda bisa menyalakan lilin alami dengan perpaduan minyak esensial tersebut dapat menyebarkan aroma wangi dan menyegarkan ke seluruh sudut rumah Anda. (Yoga Al Kemal)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro