Pembalap F1 Red Bull Racing Max Verstappen / Reuters-Andrew Couldridge.
Travel

10 Olahraga Termahal di Dunia, dari Balapan F1 Hingga Balap Kuda

Mutiara Nabila
Kamis, 15 Agustus 2024 - 14:46
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Dalam dunia olahraga, selain soal kompetisi, sejumlah cabang olahraga sering kali dibanderol dengan harga mahal. 

Dari atlet elit hingga peralatan mewah dan tempat eksklusif, beberapa olahraga menuntut investasi bernilai besar yang dapat membuat orang terkaya sekalipun berpikir dua kali.

Karena penggemar global dan individu kaya mencari pengalaman terbaik dan memamerkan keterampilan mereka, biaya yang terkait dengan olahraga tertentu juga dapat meroket.

Mengutip Vanguard, berdasarkan peringkat dari Rarest.org, berikut ini 10 olahraga termahal di dunia:

1. Balapan Formula 1

Tim Formula 1 tidak segan-segan mengeluarkan biaya untuk menciptakan mobil tercepat di dunia. Pengembangan mesin canggih ini melibatkan rekayasa tingkat lanjut, pengujian di terowongan angin, material canggih, dan peningkatan berkelanjutan sepanjang musim. 

Biaya satu mobil F1 dapat melebihi US$10 juta, belum lagi biaya transportasi, logistik, personel tim, dan gaji atlet pengemudi, menjadikan Formula 1 salah satu olahraga yang paling menuntut secara finansial.

2. Polo

Polo sering dijuluki sebagai olahraga para raja, karena investasi besar yang dibutuhkan. Pemain membutuhkan kuda berkualitas tinggi, yang harganya bisa mencapai puluhan ribu dolar per ekor, beserta peralatan khusus seperti palu, pelana, dan perlengkapan pelindung. 

Memelihara sejumlah kuda polo, kandang, perawatan hewan, dan berpartisipasi dalam turnamen di klub-klub eksklusif berkontribusi pada pengeluaran signifikan yang terkait dengan olahraga mewah ini.

3. Berlayar

Kompetisi pelayaran melibatkan biaya yang besar untuk pembelian dan perawatan kapal pesiar balap, yang dapat berkisar dari ratusan ribu hingga jutaan dolar. Ditambah dengan biaya untuk layar, tali-temali, peralatan navigasi, gaji awak kapal, pelatihan, perjalanan ke berbagai lomba di seluruh dunia, dan biaya pendaftaran untuk acara bergengsi seperti Volvo Ocean Race atau Vendée Globe, membuat olahraga ini menuntut komitmen finansial yang besar.

4. Olahraga Berkuda

Baik itu lompat rintangan, ketangkasan berkuda, atau kontes, olahraga berkuda membutuhkan investasi besar untuk perawatan kuda, fasilitas pelatihan, peralatan berkuda, transportasi, dan biaya kompetisi. 

Memperoleh kuda berkualitas tinggi saja bisa menghabiskan biaya jutaan, dan merawatnya dalam kondisi prima untuk kompetisi tingkat tinggi menambah biaya yang terus-menerus. Jika memperhitungkan biaya pelatihan, perawatan hewan, manajemen kandang, dan biaya perjalanan, jelaslah mengapa olahraga berkuda termasuk yang termahal.

5. Ski

Olahraga ski profesional membutuhkan sumber daya finansial yang signifikan untuk pelatihan, pembinaan, perjalanan ke kompetisi, akomodasi, tiket ski, peralatan (papan ski, sepatu bot, tongkat, helm, dan lainnya), dan akses ke fasilitas pelatihan khusus seperti lereng dalam ruangan dan kamp ski. 

Atlet juga harus mengeluarkan biaya untuk fisioterapi, ahli gizi, psikolog olahraga, dan layanan pendukung lainnya untuk mempertahankan performa puncak sepanjang musim. Total biaya tahunan untuk pemain ski profesional dapat berkisar dari US$100.000 hingga lebih dari US$500.000, tergantung pada tingkat kompetisi dan tim pendukung.

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro