Ilustrasi Ibu Hamil. Bisnis
Health

Ini Daftar Makanan yang Harus Dikonsumsi dan Dihindari oleh Ibu Menyusui

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 16 Agustus 2024 - 10:02
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menyusui memerlukan pola makan yang seimbang dan sehat untuk menjamin kesehatan ibu dan pertumbuhan bayi yang optimal.

Makanan tertentu dapat mempengaruhi produksi ASI secara positif, sementara makanan lain mungkin menyebabkan alergi atau efek samping.

Dr. Dhivya Sharona, Konsultan Rekanan - Obstetri dan Ginekologi, Rumah Sakit Rela, Chennai) dilansir dari timesofinsia mengatakan pPola makan seimbang dengan variasi dan moderasi adalah kunci bagi ibu menyusui.
 
Setiap pasangan ibu dan bayi adalah unik, jadi penting untuk mengamati bagaimana pengaruh makanan yang berbeda terhadap bayi Anda. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan jika Anda memiliki kekhawatiran khusus tentang pola makan Anda atau reaksi bayi terhadap makanan tertentu. 

Dilansir dari timesofindia, ini makanan yang wajib dikonsumsi dan dihindari oleh Ibu Menyusui

Makanan wajib konsumsi

1. Air

Mempertahankan hidrasi yang cukup sangat penting untuk produksi ASI. Usahakan untuk minum sekitar 2,5 hingga 3 liter air per hari. 

2. Buah dan Sayuran

Buah kaya akan beberapa vitamin, mineral, dan antioksidan. Sayuran berdaun hijau kaya akan zat besi dan kalsium, sedangkan buah-buahan seperti semangka dan mentimun kaya akan air sehingga dapat mendukung produksi ASI.

3. Makanan Kaya Protein

Gabungkan telur, ikan, ayam, polong-polongan, kacang-kacangan, dan kacang-kacangan ke dalam makanan Anda. Ini menyediakan asam amino esensial yang mendukung produksi ASI dan berkontribusi pada pertumbuhan otot bayi.

4. Lemak Sehat

Kacang-kacangan seperti kenari dan almond, biji-bijian seperti biji rami dan biji chia, ikan berminyak (sebaiknya salmon), dan buah-buahan seperti alpukat sangat penting untuk perkembangan otak bayi.

5. Biji-bijian Utuh

Makanan seperti oatmeal dan beras merah kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Mereka menyediakan energi berkelanjutan dan mendukung produksi susu.

6. Produk Susu

Susu, yogurt, dan keju menawarkan kalsium dan vitamin D, yang penting untuk perkembangan tulang bayi.

Makanan yang Harus Dihindari

1. Alkohol

Sebaiknya hindari atau batasi asupan alkohol, karena dapat masuk ke dalam ASI.

2. Kafein

Kafein yang berlebihan dapat menyebabkan sulit tidur dan rewel pada bayi. Batasi asupan kafein hingga 2 cangkir per hari.

3. Makanan dan Minuman Olahan

Tinggi gula, garam, dan lemak tidak sehat, makanan dan minuman olahan dapat berdampak negatif terhadap kesehatan bayi dan produksi ASI.

4. Ikan Kaya Merkuri

Ikan yang mengandung merkuri tinggi dapat berbahaya bagi sistem saraf bayi. Hindari mengkonsumsi ikan seperti itu.

5. Makanan Pedas

Makanan pedas dapat menyebabkan gas atau rasa tidak nyaman pada bayi.

6. Potensi Alergen

Hindari alergen seperti kacang tanah, telur, dan produk susu jika ada riwayat alergi dalam keluarga atau jika bayi menunjukkan tanda-tanda sensitivitas.

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro