Susu dan yogurt memiliki manfaat yang baik bagi tulang./Ilustrasi oat dicampur granola, susu, dan buah-buahan/Freepik
Health

7 Tips untuk Memperkokoh Tulang Anak, Orang Tua Harus Tahu

Redaksi
Sabtu, 17 Agustus 2024 - 13:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tulang anak memiliki peranan penting dalam mempengaruhi tumbuh kembangnya. Salah satu cara untuk memperkuat tulang adalah dengan berolahraga.

Dilansir dari laman kidshealth.org dan onlymyhealth.com, Sabtu (15/8/2024), anak-anak dengan tulang yang kuat memiliki peluang lebih baik untuk terhindar dari masalah tulang di kemudian hari. Dalam hal ini, nutrisi dan kebiasaan pada anak-anak akan memainkan peran penting.

Simak tips untuk memperkokoh tulang anak untuk para orang tua:

1. Makanan kaya kalsium

Kalsium merupakan bahan utama pembentuk tulang manusia. Kalsium dapat ditemukan dalam produk susu, kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayur-sayuran. Jika anak Anda tidak toleran terhadap laktosa atau vegan, pertimbangkan untuk menggunakan alternatif susu nabati yang diperkaya kalsium seperti susu almond dan susu kedelai.

2. Makanan kaya vitamin D

Vitamin D sangat penting untuk penyerapan kalsium. Vitamin D dapat diperoleh dari makanan seperti ikan, jamur, hati, telur, dan bahkan dari paparan sinar matahari. Serupa dengan kalsium, vitamin D juga dapat ditemukan pada makanan yang diperkaya vitamin D seperti sereal, jus, dan juga yogurt.

3. Olahraga

Sama seperti otot, tulang juga akan semakin kuat jika digunakan. Dengan itu, doronglah anak-anak Anda untuk melakukan olahraga dalam bentuk apapun, bahkan dari yang teringan sekalipun. Jalan kaki, jogging, berlari, dan melompat adalah 4 dari banyaknya olahraga ringan yang dapat dilakukan anak guna memperkuat tulangnya.

4. Batasi soda dan minuman manis lainnya

Mengkonsumsi soda atau minuman manis lainnya secara berlebih dapat mengganggu penyerapan kalsium yang dapat menyebabkan tulang anak menjadi lemah. Untuk mengatasi atau membatasinya, Anda dapat mengarahkan anak untuk memilih air putih dan susu sebagai gantinya.

5. Batasi kafein

Serupa dengan soda dan minuman manis lainnya, mengkonsumsi kafein secara berlebih juga dapat mengganggu penyerapan kalsium pada anak yang dapat menyebabkan tulangnya menjadi lemah. Kopi, soda, dan minuman berenergi adalah contoh sumber kafein yang harus dibatasi.

6. Protein

Protein juga memiliki peran dalam menjaga pertumbuhan dan perbaikan tulang anak. Daging tanpa lemak, telur, tempe, ikan, kacang-kacangan, polong-polongan, dan susu adalah beberapa dari banyaknya sumber protein yang dapat menjadi opsi Anda dalam menjaga tulang anak.

7. Sayuran hijau

Penting bagi orang tua untuk mengarahkan anaknya agar mengkonsumsi sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, dan brokoli. Selain kaya akan kalsium, sayuran-sayuran jenis ini juga kaya akan magnesium dan vitamin K yang penting untuk menjaga kesehatan tulang anak.

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro